Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 4 SAMPAI 5 TAHUN DI KB MUTIARA HATI SELODOKO KECAMATAN AMPEL BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan bercerita
dengan boneka tangan dalam mengembangkan Bahasa ekspresif anak pada anak
usia 4-5 tahun di KB Mutiara Hati Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali; (2)
Perkembangan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di KB Mutiara Hati Seodoko.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif interaktif yang merupakan pencermatan
terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, dimana aktifitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di
KB Mutiara Hati Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali, khususnya kelas B
sejumlah 14 anak. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah melalui
penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi kinerja guru, lembar observasi aktifitas anak, dan
lembar evaluasi perkembangan bahasa ekspresif anak. Pelaksanaan penelitian
secara kolaboratif yang dilakukan oleh satu orang guru pelaksana tindakan dan
satu orang guru pengamat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan anak dalam
kegiatan belajar mengajar khususnya dalam berrcerita dengan media boneka
tangan mengalami peningkatan sangat baik. Ini menunjukkan bahwa dengan
metode pembelajaran yang kreatif maka keaktifan anak dalam pembelajaran akan
meningkat; (2) Aspek perkembangan bahasa ekspresif anak mengalami
perkembangan dari 7,7% menjadi 78’6% dengan kriteria baik (BSH) ini artinya
bahwa bercerita dengan media boneka tangan mampu mengembangkan bahasa
ekspresif anak pada usia 4-5 tahun di KB Mutiara Hati Kecamatan Ampel
Kabupaten Boyolali. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan
berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penggunaan media boneka tangan
dalam pembelajaran bercerita untuk meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresif
pada anak TK.
Kata Kunci : boneka tangan, bahasa ekspresif
010/PAUD/PUS/I/2023 | 010/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain