Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI MEDIA DADU ANGKA PADA KELOMPOK B DI KB NUANSA BANGSA PRESCHOOL 3 CUKEN, KECAMATAN GLADAGSARI, KABUPATEN BOYOLALI
Pendidikan Usia Dini / Prasekolah merupakan usia yang aktif untuk
mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak-anak. Potensi yang
dikembangkan baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai agama, sosial,
emosional, kemandirian, kognitif, bahasa, fisik/motorik dan seni. Upaya
pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk permainan
berfikir simbolik. Berpikir simbolik merupakan bagian dari aspek pengembangan
kognitif yang harus dikuasai. Pentingnya mempelajari dan menguasai simbol,
terutama simbol-simbol angka karena dapat membantu seseorang untuk mengatasi
dan memecahkan masalah-masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak melalui permainan dadu angka
pada kelompok B di KB Nuansa Bangsa Preschool 3 Cuken. (2) Untuk
mengetahui dan mendeskripsikan bahwa berpikir simbolik mengenal konsep
angka dapat ditingkatkan melalui permainan dengan media dadu angka pada anak
Kelompok B di KB Nuansa Bangsa Preschool 3 Cuken. (3) Untuk mengetahui
dan mendeskripsikan bahwa terdapat perubahan perilaku pada anak saat
peningkatan kemampuan berpikir simbolik mengenal konsep angka melalui media
dadu angka pada anak Kelompok B di KB Nuansa Bangsa Preschool 3 Cuken.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Laporan
penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak
Kelompok B di KB Nuansa Bangsa Preschool 3 Cuken yang berjumlah 16 anak.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan
Dokementasi. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anak mampu
mengenal lambang bilangan 1-10, Anak mampu menghitung benda 1-10, Anak
mampu menghitung penjumlahan bilangan 1-10, Anak mampu membandingkan
jumah benda yang lebih banyak dan lebih sedikit.
Hasil Penelitian ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat
setiap siklusnya. Kemampuan berpikir simbolik anak pada tahap pra siklus
sebesar 26% yang masuk dalam kategori belum berkembang. Selanjutnya pada
siklus I sudah mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh 39% dengan
kategori Mulai Berkembang. Pada siklus II dengan hasil yang diperoleh 64%
dengan kategori berkembang Sesuai Harapan. Pada Siklus III mencapai 84%
dengan kategori Berkembang Sangat baik dan sudah mencapai ketuntasan
indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu sebesar 75%.
Kata kunci : Berpikir Simbolik, Dadu Angka
009/PAUD/PUS/I/2023 | 009/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain