Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB NUANSA BANGSA PRESCHOOL 3 CUKEN CANDISARI KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI
Latar belakang penelitian adalah, masih adanya sebagian peserta didik KB
Nuansa Bangsa Preschool 3 Cuken Candisari yang kemampuan berpikir
simboliknya rendah atau belum maksimal, maka perlu dilakukan tindakan salah
satunya melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh observer
berkolaborasi dengan kolabolator melalui permainan ular tangga, agar kemampuan
berpikir simbolik pada peserta didik dapat meningkat. Dengan demikian tujuan
penelitian adalah untuk mengkaji dan membuktikan keefektifan penerapan media
permainan ular tangga oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik pada anak usia 4-5 Tahun di KB Nuansa Bangsa Preschool 3 Cuken
Candisari Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan sejak bulan November s/d Februari 2023, instrumen penelitian
yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi anak untuk
memperoleh data yang valid sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian
menunjukan secara klasikal prosentase kemampuan berpikir simbolik anak
mengalami peningkatan dari pra siklus yang hanya 47,1 %. Setelah melakukan
obseravsi dengan permainan ular tangga meningkat menjadi 54,45% pada
pertemuan pertama siklus I, 59,95 % pada pertemuan II, pada siklus II
kemampuan anak dalam berpikir simbolik menggunakan permainan ular tangga
mencapai 64,4 % pada pertemuan pertama dan mencapai 80,95 % pada
pertemuna kedua. Sehingga penelitian tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya
karena telah melebihi kriteria kesuksesan yaitu 80, 95 %.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan permainan ular tangga dapat
meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di KB Nuansa
Bangsa Preschool 3 Cuken Candisari, Adapun saran peneliti bagi guru hendaknya
selalu menggunakan metode yang menyenangkan bagi anak sehingga
kemampuan belajarnya meningkat. Dengan demikian hipotsis tindakan yang
diajukan: “Melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan
berpikir simbolik pada anak KB Nuansa Bangsa Preschool 3 Kecamatan
Gladagsari Kabupaten Boyolali" dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir simbolik, ular tangga.
008/PAUD/PUS/I/2023 | 008/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain