Text
SKRIPSI : PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB MUTIARA HATI SELODOKO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023
ERNA YUNIATI. NPM. E 2621130237 “Peningkatkan Kemampuan Kognitif
Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Busy Book Pada Anak Usia 3-
4 Tahun Di KB Mutiara Hati Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali
Tahun Ajaran 2022/2023.” Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. Tahun Akademik 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif
khususnya kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 3-4
tahun di KB Mutiara Hati Selodoko dengan menggunakan alat peraga busy book.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
Prosedur penelitian ini menerapkan PTK terdiri dari 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik usia 3-4 tahun di KB
Mutiara Hati Selodoko sebanyak 15 anak. Tehnik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data lebih banyak
dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil perhitungan
dikonsultasikan dengan tabel kriteria persentase. Berdasarkan hasil tindakan
siklus I dan siklus II menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif
dalam mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara
Hati Selodoko.
Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase
bilangan dari kondisi awal pra siklus BB 66,7%, MB 33,3% siklus I pertemuan
pertama sebesar MB 66,7%, BSH 33,3%, siklus I pertemuan kedua sebesar MB
20%, BSH 80%, siklus II pertemuan pertama sebesar BSH 40, BSB 60%, siklus II
pertemuan kedua sebesar BSH 20%, BSB 80%. Dengan demikian, penggunaan
alat peraga busy book dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam
mengenal lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara Hati
Selodoko melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan
setting dan alat peraga yang digunakan; (2) Peneliti mendemontrasikan kegiatan
bermain yang akan dilaksanakan; (3) Peneliti mengajak anak bermain berhitung,
tebak angka dan memasangkan sesuai jumlah dengan urut dari 1-10; (4) Peneliti
dan anak membuat kesimpulan tentang hasil kegiatan yang dilaksanakan; (5)
Peneliti memberikan reward pada anak yang mampu melakukan kegiatan dengan
baik, dan memberikan motivasi pada anak yang belum mampu dalam melakukan
kegiatan.
Kata kunci: Busy Book, Bilangan
007/PAUD/PUS/I/2023 | 007/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain