Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB MUTIARA HATI SELODOKO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Text

SKRIPSI : PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB MUTIARA HATI SELODOKO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Erna Yuniati - Nama Orang;

ERNA YUNIATI. NPM. E 2621130237 “Peningkatkan Kemampuan Kognitif
Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Busy Book Pada Anak Usia 3-
4 Tahun Di KB Mutiara Hati Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali
Tahun Ajaran 2022/2023.” Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. Tahun Akademik 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif
khususnya kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 3-4
tahun di KB Mutiara Hati Selodoko dengan menggunakan alat peraga busy book.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
Prosedur penelitian ini menerapkan PTK terdiri dari 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik usia 3-4 tahun di KB
Mutiara Hati Selodoko sebanyak 15 anak. Tehnik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data lebih banyak
dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil perhitungan
dikonsultasikan dengan tabel kriteria persentase. Berdasarkan hasil tindakan
siklus I dan siklus II menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif
dalam mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara
Hati Selodoko.
Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase
bilangan dari kondisi awal pra siklus BB 66,7%, MB 33,3% siklus I pertemuan
pertama sebesar MB 66,7%, BSH 33,3%, siklus I pertemuan kedua sebesar MB
20%, BSH 80%, siklus II pertemuan pertama sebesar BSH 40, BSB 60%, siklus II
pertemuan kedua sebesar BSH 20%, BSB 80%. Dengan demikian, penggunaan
alat peraga busy book dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam
mengenal lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara Hati
Selodoko melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan
setting dan alat peraga yang digunakan; (2) Peneliti mendemontrasikan kegiatan
bermain yang akan dilaksanakan; (3) Peneliti mengajak anak bermain berhitung,
tebak angka dan memasangkan sesuai jumlah dengan urut dari 1-10; (4) Peneliti
dan anak membuat kesimpulan tentang hasil kegiatan yang dilaksanakan; (5)
Peneliti memberikan reward pada anak yang mampu melakukan kegiatan dengan
baik, dan memberikan motivasi pada anak yang belum mampu dalam melakukan
kegiatan.
Kata kunci: Busy Book, Bilangan


Ketersediaan
007/PAUD/PUS/I/2023007/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
007/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Erna Yuniati
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB MUTIARA HATI SELODOKO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik