Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI KEGIATAN BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA KUCING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB MAWAR I PILANGREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan bahasa
ekspresif pada anak; dan 2) penerapan metode bercerita melalui media boneka
kucing dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 3-4 tahun di
KB Mawar I Desa Pilangrejo.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB
Mawar I Pilangrejo yang berjumlah 15 anak, guru sebagai observer dan guru lain
sebagai kolaborator. Data diperoleh dengan dokumentasi, observasi, dan
wawancara, adapun analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) kemampuan bahasa
ekspresif pada anak pada awalnya atau pra siklus diperoleh skor 73,33% dengan
kriteria belum berkembang, namun setelah dilakukan tindakan hingga sampai
pada siklus II diperoleh skor rata-rata terbesar 93,33% dengan kriteria
berkembang sangat baik; 2) penerapan metode bercerita melalui media boneka
kucing dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak diperoleh
skor rata-rata sebesar 83,33% dengan kriteria berkembang sangat baik, hal
tersebut dapat terjadi setelah digunakan metode berecerita dengan media boneka
kucing, karena skor 83,33% > 75% dari indikator keberhasilan indiividu dan
klasikal, sehingga hipotesis: ”Melalui penerapan metode bercerita dengan media
boneka kucing dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekpresif pada anak usia
3-4 tahun di KB Mawar I Desa Pilangrejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten
Demak pada tahun pelajaran 2022/2023” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata Kunci: Bahasa ekspresif, bercerita, boneka kucing
006/PAUD/PUS/I/2023 | 006/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain