Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN SEMANTIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A1 DI TK KEMALA BHAYANGKARI 90 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021 / 2022
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan semantik anak usia 4-5 tahun di Kelompok A 1 TK Kemala
Bhayangkari 90 Semarang. Hal tersebut disebabkan karena mayoritas anak yang
belum memahami makna dari suatu kata maupun bacaan yang didengarnya, anak
lebih memilih asik sendiri dan enggan untuk mengikuti kegiatan yang berkaitan
dengan pembelajaran story telling , belum adanya media yang dapat mendukung
perkembangan semantik anak, upaya pengenalan bahasa yang dilakukan belum
mampu memaksimalkan perkembangan semantik anak.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kegiatan bermain dengan
menggunkan media pop up dapat meningkatkan kemampuan bahasa semantik
anak, hal ini didukung perolehan skor akhir siklus II sebesar 17 atau 94,44 %
termasuk kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan 75%
untuk untuk perolehan skor secara individu dan 85% untuk skr perolehan secara
klasikal, maka dapat dibuat persamaan matematika: 75% < 94,44% > 85%
sehingga hipotesis tindakan: “ Melalui metode bermain dengan media pop up
peserta didik 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 90 tahun ajaran 2021/2022”
dinyatakan diterima atau terbukti.
002/PAUD/PUS/I/2023 | 002/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain