Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA SUMPIT DALAM BOTOL (PITLAMTOL) PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TERPADU AISYIYAH PURI KEDUNGWUNI PEKALONGAN
Salah satu teknik pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik
anak untuk mengenal angka 1-10 pada anak usia PAUD, diantaranya adalah
melalui penerapan media yang diperoleh dari lingkungan anak, seperti
memasukkan sumpit ke dalam botol (pitlamtol). Pelaksanaan penelitian ini tentu
memiliki tujuan yang ingin dicapai, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan
peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media bermain pitlamtol
pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Terpadu Aisyiyah Puri Kecamatan
Karangwuni Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian
cara memperoleh datanya didasarkan pada hasil observasi, wawancara, dokumen,
dan tes kepada sejumlah subyek. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
tindakan kelas (PTK), yaitu suatu penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil
proses pembelajaran karena mampu menjembatani kesenjangan antara teori dan
praktik serta merupakan kolaboratif yang melibatkan partisipan bersama-sama
bergabung untuk mengkaji praktik pembelajaran dan pengembangan pemahaman
tentang makna tindakan. Subyek penelitian ini adalah keseluruhan anak usia 3-4
tahun di PAUD Terpadu Aisyiyah Puri yang berjumlah 15 peserta didik.
Berdasarkan pada rumusan masalah yang dipecahkan melalui hasil penelitian
dan pembahasan, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Melalui
metode permainan sumpit dalam botol (Pitlamtol) dapat meningkatkan
kemampuan mengena angka 1-10 pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Terpadu
Aisyiyah Puri Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan berhasil dilakukan
dalam Penelitian Tindakan Kelas ini sebagaimana data berikut: anak yang
mencapai kriteria tuntas yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB
(Berkembang Sangat Baik) pada pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 4 anak
atau sebesar 27%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 7 anak atau sebesar
47%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 10 anak atau sebesar 67%, dan
pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 13 anak atau sebesar 87%. 2) Hasil
penelitian menunjukkan anak sudah mampu : membilang angka 1-10,
menunjukkan lambang bilangan 1-10, mencocokkan lambang bilangan 1-10
sesuai jumlah benda, menghitung benda 1-10 sesuai dengan jumlah angka serta
anak mampu mengurutkan angka 1-10.
Kata Kunci : Mengenal Angka 1-10, Bermain, dan Media “Pitlamtol”.
093/PAUD/PUS/I/2023 | 093/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain