Text
SKRIPSI : PENINGKATAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE PERMAINAN KERETA API DENGAN MEDIA BALOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KB BINA BANGSA KELURAHAN DADAPREJO KEC. JUNREJO KOTA BATU JAWA TIMUR
Latar belakang penelitian: sebagian anak KB Bina Bangsa Kelurahan
Dadaprejo yang sosial emosionalnya belum digali dan dimanfaatkan secara
maksimal, sehingga peneliti bekerjasama dengan guru lain sebagai kolaborator
melakukan tindakan kelas melalui metode permianan kereta api dengan media balok
untuk meningkatkan sosial emosional anak.
Tujuan penelitian: mendeskripsikan dan membuktikan keefektifan metode
permainan kereta api dengan media balok dalam meningkatkan sosial emosional
dalam kerjasama pada anak usia 3-4 tahun di Tahun KB Bina Bangsa Kelurahan
Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Bina Bangsa Kelurahan
Dadaprejo yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif
persentase.
Hasil penelitian: Penerapan metode bermain kereta api melalui media balok
efektif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak usia 3-4 tahun
di KB Bina Bangsa Kelurahan Dadaprejo setelah dilakukan tindakan hingga pada
siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan
kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75%
untuk perolehan skor anak secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat
dibuat persamaan: 75% < 90,27% > 85% maka hipotesis tindakan: ”Penerapan
metode permainan kereta api dengan media balok efektif dapat meningkatkan
sosial emosional anak usia 3-4 tahun di KB Bina Bangsa Kelurahan Dadaprejo
Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur” dinyatakan terbukti atau diterima.
Kata kunci: sosial emosional, kereta api, balok.
092/PAUD/PUS/I/2023 | 092/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain