Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DOKTER DI KB GEMILANG GABUSAN
Perkembangan sosial merupakan perilaku anak terhadap orang lain dan
anak menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang ada disekitarnya. Pada
penelitian yang dilakukan di KB Gemilang Gabusan ditemukan beberapa anak
yang belum berkembang kemampuan bersosialnya, hal tersebut terlihat pada
anak yang tidak mau berinteraksi dengan teman-temannya pada saat proses
pembelajaran.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
metode bermain peran dokter untuk meningkatkan sosial anak KB Gemilang
Gabusan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah seluruh anak KB Gemilang Gabusan dengan jumlah 36
anak dan juga guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak KB
Gemilang Gabusan meningkat dengan pra-siklus 36,1% dan dilanjutkan pada
tahap siklus 1 58,4% dan siklus 2 meningkat sebesar 80,6%.Dari data tersebut
dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dokter dapat meningkatkan
sosial anak Pendidikan anak usia dini di KB Gemilang Gabusan.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Perkembangan Sosial.
025/PAUD/PUS/I/2023 | 025/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain