Text
Skripsi : EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ PADA KOMPETENSI KONFIGURASI JARINGAN NIRKABEL MENGGUNAKAN PERANGKAT UBIQUITI AP AC LITE DI SMK MA’ARIF NU TIRTO - CD Skripsi
ABSTRAK
Dhiyan Iryadi (2022). Efektifitas Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas
XI TKJ Pada Kompetensi Konfigurasi Jaringan Nirkabel Menggunakan Perangkat Ubiquiti
Ap Ac Lite Di SMK Ma’arif NU Tirto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Informatika.
Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas IVET, 2022.79 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah: 1).Meningkatkan proses belajar peserta didik SMK
Ma’arif NU Tirto kelas XI TKJ dengan menerapkan metode demonstrasi pada kompetensi
konfigurasi jaringan nirkabel pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas. 2).
Meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK Ma’arif NU Tirto kelas XI TKJ dengan
menerapkan metode demonstrasi pada kompetensi konfigurasi jaringan nirkabel pada mata
pelajaran teknologi jaringan berbasis luas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/ class action research dengan
metode Demonstrasi dengan jumlah subjek penelitian 36 anak. Penelitian dilakukan dalam
dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus dilakukan refleksi terhadap
tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes
hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik untuk analisis data yaitu dengan teknik analisis
deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu untuk kompetensi
pengetahuan, kompetensi praktik/motorik dan keaktifan siswa dikatakan berhasil apabila
tercapai secara klasikal 90% siswa kompeten.
Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi pengetahuan
Mulai dari pra siklus dengan ketuntasan klasikal 25% mengalami kenaikan pada siklus II
menjadi 72% adanya pembenahan pada siklus II sehingga meningkatkan ketuntasan
klasikal menjadi 97% sehingga dinyatakan ada peningkatan karena terbukti adanya sudah
melampaui indikator ketuntasan. Metode demonstrasi merupakan metode yang dapat
meningkatkan hasil keterampilan siswa dilihat pada nilai keterampilan pada siklus I, ratarata nilai yang diperoleh oleh 76 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80
Berdasarkan hasil ketuntasan klasikal pada siklus I 56% dan dilanjut ke siklus II. Di siklus
II dengan hasil ketuntasan klasikal di siklus II 92%, sehingga terbukti sudah melampaui
indikator ketuntasan yaitu 90%.
Kata kunci : Sinkronisasi, Demonstrasi, Hasil Belajar, Konfigurasi jaringan nirkabel
002/TIK/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain