Text
SKRIPSI : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERCOCOK TANAM JAGUNG DI POS PAUD KINASIH SEJATI
Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran di TK Dharma Wanita
Persatuan Sumberejo Wetan Kabupaten Ngunut Kabupaten Tulungagung
selama ini pendidik selalu menggunakan metode penugasan dalam
mengembangkan kemampuan kognitif anak sehingga anak merasa jenuh,
akibatnya anak susah menyerap pembelajaran yang diberikan sehingga
keberhasilan pembelajaran belum maksimal.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode
menanam jagung dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak di POS
PAUD Kinasih Sejati?” Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan
kognitif dalam kegiatan menanam pada anak POS PAUD Kinasih Sejati
sebelum dan sesudah diadakan tindakan penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan
subyek penelitian anak kelompok POS PAUD Kinaish Sejati. Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPH, lembar
observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas anak.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan
yaitu : penerapan melalui eksperimen dapat meningkatkan kemampuan
kognitif dalam kegiatan menanam pada anak POS PAUD Kinasih Sejati,
dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar
57,5%, kemudian pada siklus II sebesar 77,5%. Dan untuk hasil rata-rata
observasi kegiatan anak pada siklus I sebesar 55%, kemudian pada siklus II
sebesar 82,5%. Jadi hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu penerapan
pembelajaran dengan menggunakan metode menanam jagung dapat
meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menanam pada anak POS
PAUD Kinasih Sejati
Kata kunci : Kognitif , Menanam Pohon Jagung
023/PAUD/PUS/I/2023 | 023/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain