Text
SKRIPSI : PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA AKU BERANI TIDUR SENDIRI DI POS PAUD KINASIH SEJATI
Menyadari akan pentingnya kemandirian bagi anak usia dini, sebagaimodal
utama maka ketika dewasa, anak akan lebih mudah dalam mengambil keputusan,
bertanggung jawab, tidak mudah bergantung pada orang lain, dan mampu
menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Maka peneliti ingin melihat bagaimana
mengembangkan kemandirian anak melalui metode bercerita dengan media buku
cerita bergambar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kemandirian anak usia
5-6 Tahun melalui metode bercerita dengan media Buku Aku Berani Tidur
Sendiri. Penelitian ini merupakan penelitin tindakan kelas yang terdiri dari 2
siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
penelitian tindakan kelas dari data yang dihasilkan melalui metode observasi,
penilaian perkembangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan anak usia
(4-5 tahun) POS PAUD Kinasih Sejati dengan jumlah anak 10 orang.
Hasil penelitian: Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian ini
maka diperoleh data yang dimulai dari pratindakan sampai siklus II, yang mana
pratindakan sebesar 35%, pada siklus I sebesar 60%, dan pada siklus II meningkat
menjadi 80%. Perbaikan-perbaikan pembelajaran yang dilakukan telah
meningkatkan pengembangan kemandirian anak untuk melakukan sesuatu tanpa
bantuan, berani tampil didepan, mampu menceritakan kembali isi cerita secara
urut, dan memiliki rasa yang bertanggung jawab terhadap perlengkapan main.
Dari hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru-guru di POS PAUD untuk
memilih metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar menjadi
salah satu cara yang dapat meningkatkan pengembangan kemandirian pada anak.
Kata kunci : Kemandirian, cerita bergambar
022/PAUD/PUS/I/2023 | 022/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain