Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI PERMAINAN CINGKAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AL – AMIN KABUPATEN KUDUS
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman
anak kelompok B TK AL-AMIN Kabupaten Kudus terhadap konsep bilangan1-
20. Mereka belum mampu mengenal, belum mampu menuliskan, belum mampu
membilang urutan angka 1–20 dengan benar, dan masih ada juga yang belum bisa
membilang dengan benda secara benar. Dari 18 anak, hanya 6 yang memiliki
kemampuan membilang dalam kategori baik. Hal ini terjadi karena cara mengajar
guru monoton dan penggunaaan APE belum maksimal.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan
kemampuan memahami konsep bilangan 1-20 melalui permainan cingkan (2)
Apakah kemampuan memahami konsep bilangan 1-20 dapat ditingkatkan secara
aktif melalui permainan cingkan, (3) Apakah terdapat perubahan perilaku pada
anak saat peningkatan kemampuan memahami konsep bilangan 1-20 melalui
permainan cingkan, pada anak kelompok B TK AL-AMIN Kabupaten Kudus?
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang :
peningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan 1–20 melalui permainan
cingkan, efektifitas peningkatan kemampuan memahami konsep bilangan 1–20
melalui permainan cingkan, dan perubahan perilaku anak saat peningkatan
kemampuan memahami konsep bilangan 1–20 melalui permainan cingkan pada
anak kelompok B TK AL-AMIN Kabupaten Kudus.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian Tindakan Kelas adalah proses investigasi terkendali untuk merumuskan
dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah
tersebut dilakukan secara berkala antar siklus dengan tujuan untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di
kelompok B TK AL–AMIN Kabupaten Kudus dengan jumlah siswa 18 anak, 6
anak perempuan dan 12 anak laki-laki pada Tahun Ajaran 2022/2023.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan
dokumentasi.
Pada Siklus I sudah terlihat adanya peningkatan hasil pembelajaran dan
pada Siklus II ada peningkatan hasil belajar anak terhadap konsep bilangan 1 – 20
yang sangat signifikan. Anak yang kemampuan pemahaman konsep bilangannya
berkembang sangat baik (BSB) naik menjadi 10 (55,5%), yang kategori
berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 7 anak (38%), dan hanya 1 anak
(5,5%) yang belum menunjukkan perkembangan. Dengan demikian dapat
disimpulkan, bahwa melalui permainan cingkan, kemampuan kognitif anak dapat
ditingkatkan.
Kata kunci : Peningkatan Kognitif, Permainan Cingkan
019/PAUD/PUS/I/2023 | 019/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain