Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN TARI KREASI KUCING PADA KELOMPOK A DI TK THERESIANA 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Kata Kunci : kecerdasan emosional, tari kreasi kucing
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besaran dan perubahan
perilaku belajar pada pembelajaran peningkatan kecerdasan emosional Anak Usia
Dini di TK Theresiana 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni kecerdasan emosional anak usia dini dan Tari Kreasi Kucing.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri atas dua siklus yang mencakupi
beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), tindakan (acting),
observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Subyek yang diteliti dalam
penelitian adalah anak-anak Kelompok A di TK Threresiana 01 Semarang
sebanyak 15 anak, yang memiliki kecenderungan kecerdasan emosionalnya
masih rendah untuk kemudian dilakukan perlakuan kegiatan Tari Kreasi Kucing
dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pada siklus 1
Pertemuan 3, jumlah anak yang memiliki kecerdasan emosional dalam kriteria
berkembang sangat baik semakin mengalami peningkatan yaitu menjadi 48,89%,
kriteria berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang menurun berturut-turut
menjadi sebesar 30.55% dan 13,33%. Pada siklus 2 Pertemuan 3, jumlah anak
yang memiliki kecerdasan emosional dalam kriteria berkembang sangat baik
semakin mengalami peningkatan yaitu menjadi 87,33% (13 anak), kriteria
berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang menurun berturut-turut
menjadi sebesar 8,33% (1 anak) dan 4,45% (1 anak).
Berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti
menyarankan kepada guru kelas sebagai ”kunci sentral” pelaksanaan
pembelajaran, sebaiknya memahami dan mampu mengaplikasikan kegiatan Tari
Kreasi Kucing dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini.
Karena anak memang harus dengan melihat dan melakukan sendiri untuk dapat
berhasil dalam belajarnya, sehingga nanti efektivitas dari hasil penelitian ini dapat
terus berlangsung baik.
018/PAUD/PUS/I/2023 | 018/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain