Text
Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM PENERANGAN PADA SEPEDA MOTOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA STAND KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR PADA SISWA KELAS XI TBSM 1 SMK TEXMACO PEMALANG KABUPATEN PEMALANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Taufik hidayat,2022,Peningkatan Hasil Belajar Perawatan System
Penerangan Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Dengan Media Stand Kelistrikan Sepeda Motor Pada Siswa Kelas XI TBSM
1 SMK Texmaco Pemalang Kabupaten Pemalang, Pendidikan vokasional
Teknik Mesin,Fakultas Saint dan Teknologi, Universitas Ivet,
Semarang,132halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa
kelas XI TBSM 1 SMK Texmaco pemalang kabupaten Pemalang (2)
peningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI TBSM 1 SMK Texmaco Pemalang
Kabupaten Pemalang (3) penerapan model Peningkatan perawatan sistem
penerangan pada sepeda motor dengan model pembelajaran dengan Media Stand
penerangan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
berkolaborasi dengan guru kelas XI TBSM 1 SMK Texmaco Pemalang
Kabupaten Pemalang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini melalui penyampaian materi dan observasi selama proses
pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif
kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif
untuk memaparkan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model berbasis masalah
dapat meningkatkan hasil belajar mencapai 58 %. Pada siklus I 58% dengan nilai
rata-rata 76 dan siklus II 87% dengan nilai rata-rata 82. Hasil pembelajaran
perawatan sistem penerangan pada stand penerangan sepeda motor dengan model
pembelajaran berbasis masalah pada kelas XI TBSM 1 SMK Texmaco Pemalang
dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus II dari tindakan siklus I sebesar
31% yang dimana pada saat siklus I presentase keaktifan siswa baru mencapai
56% dengan jumlah siswa yang tuntas 22 siswa, kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 87% dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 33 siswa dari
38 siswa. Guru dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan
Media stand penerangan pada siswa kelas XI TBSM 1 SMK Texmaco Pemalang
Kabupaten Pemalang. Kata kunci : Peningkatan perawatan sistem penerangan, pembelajaran berbasis
masalah.
009/PVTMO/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain