Text
SKRIPSI : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BIJI-BIJIAN PADA ANAK DI TK MUSLIMAT NU NGADIWARNO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dengan
menggunakan permainan biji-bijian dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika permulaan pada anak di TK muslimat NU Ngadiwarno.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni meningkatkan pemahaman konsep matematika permulaan dan
permainan biji-bijian. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus
yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), tindakan
(acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Subyek yang diteliti
dalam penelitian adalah anak-anak TK muslimat NU Ngadiwarno sebanyak 10
anak, yang memiliki kecenderungan pemahaman konsep matematika permulaan
masih rendah untuk kemudian dilakukan perlakuan kegiatan menggunakan
permainan biji-bijian dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika permulaan.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pengamatan
pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan konsep matematika permulaan
melalui permainan biji-bijian termasuk cukup baik namun belum memenuhi
indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang termasuk
kategori baik mencapai 40% yang terdiri dari kategori BSB sebanyak 2 anak atau
20% dan BSH sebanyak 2 anak atau 20%, mulai berkembang sebanyak 4 anak
atau 40%, dan yang belum berkembang sebanyak 2 anak atau 20%. Secara
klasikal, hasil penelitian pada siklus I ini belum mencapai indikator yang telah
ditentukan yaitu 80%. Sedangkan dari pengamatan yang dilakukan pada siklus II
anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak 9 anak atau 90%
yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 5 anak atau 50% dan
berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak atau 40%, dan kategori mulai
berkembang ada 1 anak atau 10%, dan kategori beelum berkembang sebanyak 0
anak atau 0%. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan
konsep matematika permulaan anak sudah meningkat dengan berkembang sangat
baik atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 80%.
.
Kata Kunci : Konsep Matematika Permulaan, Permainan Biji Bijian
017/PAUD/PUS/I/2023 | 017/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain