Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE PERMAINAN PIPA BOLA WARNA PADA ANAK DI KB NUSA INDAH PROTOMULO
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuankognitif dalam mengenal warna di KB Nusa Indah Protomulyo
melalui permainanpipa bolawarnapada anak diKB Nusa Indah Protomulyo.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
duavariabel yakni kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan
kegiatanpermainan pipa bola warna. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri
dari
duasiklusyangmencakupbeberapatahapanyaknitahapperencanaan(planning),tindak
an (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek yangditeliti
dalam penelitian adalah anak-anak kelompok B di RA Al-Hidayah
DesaJurangjero sebanyak 20 anak, yang memiliki kecenderungan kemampuan
kognitifmengenalwarnamasihrendahuntukkemudiandilakukanperlakuankegiatanpe
rmainanpipabolawarnadalamrangkameningkatkankemampuankognitifmengenal
warnasubjek penelitian tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang adanya
kegiatanpermainanpipabolawarnainidapatmeningkatkankemampuankognitifmeng
enalwarnaanakdiKBNusaIndah,KecamatanKaliwungu,KabupatenKendal. Hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya perkembangan dan peningkatanpersentase hasil
kemampuan mengenal warna pada anak sesuai dengan indikatoryang sudah
ditentukan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II. Kegiatanpembelajaran
untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif mengenal warna
padaanakdiKBNusaIndahmelaluikegiatanpermainanpipabolawarnamenghasilkan
data yakni, pada Siklus I dengan kategori BSB dan BSH sebesar55%,dan
padasiklusII meningkatmenjadi90%.
Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelastersebut,penelitimenyampaikans
aranbagiguru,agarbisameningkatkankreativitasdalampenyediaanmediadanmetodep
endidikansehinggapesertadidikdapatterstimulussecaraoptimal.
KataKunci :Kognitif Mengenal Warna,PipaBolaWarna
016/PAUD/PUS/I/2023 | 016/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain