Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KECERDASAN ANAK DALAM MEMAHAMI PERINTAH SEDERHANA MELALUI METOD DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI RA MUSLIMAT NU 04 AL HIDAYAH TIRTOMULYO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kecerdasan Anak
Dalam Memahami Perintah Sederhana Melalui Metode Demonstrasi Dengan
Media Kartu Bergambar di RA Muslimat Nu 04 Al Hidayah Tirtomulyo.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni kecerdasan anak dalam memahami perintah sederhana melalui
metode demonstrasi dengan media kartu bergambar. Penelitian tindakan kelas
(PTK) ini terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap
perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi
(reflecting). Subyek yang diteliti dalam penelitian adalah anak-anak di RA
Muslimat Nu 04 Al Hidayah Tirtomulyo sebanyak 10 anak, yang memiliki
kecenderungan kecerdasan anak dalam memahami perintah sederhana untuk
kemudian dilakukan perlakuan kegiatan metode demonstrasi dengan media kartu
bergambar dalam rangka meningkatkan kecerdasan anak dalam memahami
perintah sederhana subjek penelitian tersebut.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pada siklus I
menunjukkan bahwa kecerdasan anak dalam memahami perintah sederhana untuk
kemudian dilakukan perlakuan kegiatan metode demonstrasi dengan media kartu
bergambar termasuk cukup baik namun belum memenuhi indikator penilaian, hal
tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang termasuk kategori baik (BSH)
sebanyak 4 anak atau 40%, mulai berkembang sebanyak 3 anak atau 30%, dan
yang belum berkembang sebanyak 3 anak atau 30%. Secara klasikal, hasil
penelitian pada siklus I ini belum mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu
75%. Sedangkan pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat
baik sebanyak 9 anak atau 90% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik
ada 5 anak atau 50% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak atau 40%,
dan kategori mulai berkembang ada 1 anak atau 10%.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti
menyarankan kepada guru kelas sebagai ”kunci sentral” pelaksanaan
pembelajaran, sebaiknya memahami dan mampu mengaplikasikan kegiatan
kegiatan metode demonstrasi dengan media kartu bergambar Karena anak
memang harus dengan melihat dan melakukan sendiri untuk dapat berhasil
belajarnya, sehingga nanti efektivitas dari hasil penelitian ini dapat terus
berlangsung baik.
Kata Kunci : Kecerdasan anak, kartu bergambar
012/PAUD/PUS/I/2023 | 012/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain