Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KREATIVITAS DALAM MENGELOMPOKKAN WARNA DAN BENTUK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZAIK BIJI-BIJIAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD WIJAYA KUSUMA SENDANGMULYO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG
Tujuan penelitian adalah: 1) bagaimana pembelajaran dengan penggunaan media
pembelajaran mozaik biji-bijian dapat meningkatkan kreativitas pengelompokkan warna
dan bentuk pada anak usia?; 2) berapa besar peningkatan hasil pembelajaran dengan
penggunaan media pembelajaran mozaik biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas
pengelompokkan warna dan bentuk pada anak; dan 3) perubahan belajar apa saja yang
diperoleh dari peningkatan hasil pembelajaran mozaik biji-bijian dalam meningkatkan
kreativitas dalam mengelompokkan warna dan bentuk pada anak usia 4-5 tahun di POS
PAUD Wijaya Kusuma Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Kota Semarang?
Penelitian ini digunakan 2 (dua) siklus dan setiap siklus dilakukan 2 (dua)
pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian berjumlah 18 anak dengan teknik pengumpulan data: dokumentasi, pemberian
tugas, dan observasi, sedangkan analisis data digunakan deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode mozaik dengan media
biji-bijian efektif dapat meningkatkan keaktifan dalam peningkatan kreativitas pada anak,
hal ini didukung perolehan skor pada akhir siklus II sebesar 17 atau 94,44% termasuk
kriteria berkembang sangat baik, sedang indikator keberhasilan 75% untuk perolehan skor
secara individu dan 85% untuk skor perolehan secara klasikal sebagai kinerja guru, maka
dapat dibuat persamaan matematika: 75% < 94,44% > 85% sehingga hipotesis kerja:
“Melalui penggunaan metode pembelajaran mozaik dengan media biji-bijian dapat
meningkatkan kreativitas pengelompokan warna dan bentuk pada anak usia 4-5 tahun di
POS PAUD Wijaya Kusuma Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Kota Semarang”
dinyatakan diterima atau terbukti; dan 2) perubahan belajar yang diperoleh dari hasil
tindakan pada penelitian ini adalah: (1) anak menjadi senang; (2) anak menjadi tertarik dan
memperhatikan proses pembelajaran yang terkait dengan permainan seperti mozaik, bijibijian; dan (3) anak menjadi periang dan gembira, serta tampak bersemangat dalam setiap
keigatan.
Kata kunci: kreativitas, mozaik, biji-bijian.
011/PAUD/PUS/I/2023 | 011/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain