Text
Skripsi : HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGALAMAN PENUNJANG TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK OTOMOTIF SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GUNEM - CD Skripsi
ABSTRAK
Sigit Supriono C3217110016 Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Pengalaman
Penunjang Terhadap Kemampuan Praktik Otomotif Siswa Program Studi Teknik
Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Gunem. Semarang. Pendidikan Vokasional
Teknik Mesin Otomotif Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas IVET.2022. 58
halaman.
Motivasi berprestasi adalah usaha dan keyakinan individu untuk
mewujudkan tujuan belajar dengan standar keberhasilan tertentu dan mampu
mengatasi segala rintangan yang menghambat pencapaian tujuan. Penelitian ini
bertujuan untuk : 1). Mengetahui hubungan motivasi berprestasi terhadap
kemampuan praktik otomotif siswa SMK N 1 Gunem, 2). Mengetahui hubungan
pengalaman penunjang terhadap kemampuan praktik otomotif siswa SMKN 1
Gunem, 3). Mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan pengalaman penunjang
terhadap kemampuan praktik otomotif siswa smkn 1 Gunem.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang digunakan untuk
meneliti populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakaninstrumen
penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik dengan tujuan untuk menguji
hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh
variabel bebas yaitu Motivasi Berprestasi (X1), Pengalaman Penunjang (X2),
terhadap variabel terkait yaitu Kemampuan Praktik Otomotif (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Ada hubungan yang signifikan
antara motivasi berprestasi dengan kemampuan praktik otomotif Siswa Kelas XI
Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Gunem. Adapun koefisien
korelasi ditemukan sebesar 1,2% berarti bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi
siswa maka akan diikuti meningkatnya kemampuan praktik otomotif . (2) Ada
hubungan yang signifikan antara pengalaman penunjang dengan kemampuan
praktik otomotif siswa kelas XI Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Smk
Negeri 1 Gunem. Adapun koefisien korelasi ditemukan sebesar 36,8% berarti
bahwa semakin tinggi pengalaman penunjang siswa maka akan diikuti
meningkatnya kemampuan praktik otomotif . (3) Ada hubungan yang signifikan
secara Bersama-sama antara motivasi berprestasi dan pengalaman penunjang
dengan kemampuan praktik otomotif. Adapun variabel motivasi berprestasi dan
pengalaman penunjang memiliki kontribusi pengaruh terhadap Kemampuan
praktik otomotif siswa kelas XI Program Studi Teknik Kendaraan Ringan SMK
Negeri 1 Gunem sebesar 81,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Pengalaman Penunjang,
Kemampuan praktik otomotif
010/PVTMO/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain