Text
SKRIPSI : PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 PADA SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI MASA HINDU–BUDDHA DI SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2022/2023
Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran sejarah di SMA
Negeri 1 Kendal ditemukan bahwa peserta didik kurang antusias dalam mengikuti
pembelajaran sejarah, minimnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga
mengakibatkan peserta didik cenderung pasif. Rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran sejarah dikarenakan adanya kecenderungan ketekunan siswa
dalam proses pembelajaran akibatnya mereka tidak dapat menerima pelajaran
dengan baik sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Diperlukan
kreatifitas seorang guru sehingga siswa dapat termotivasi mengikuti pembelajaran
agar hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. Oleh karena itu pembelajaran
sejarah harus dibuat lebih menarik dan mudah dipahami. Upaya untuk mingkatkan
hasil belajar siswa adalah dengan penerapan metode make a match dalam
pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian adalah upaya meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kendal mata pelajaran sejarah materi
masa Hindu – Buddha tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan
subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kendal. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi hasil
belajar siswa. Pada metode make a match peserta didik mencari pasangannya,
diikuti dengan pembelajaran suatu konsep, dalam suasana yang menyenangkan
dan sambil bermain. Pada metode ini peserta didik mencari dengan cepat
pasangan kartu yang dibawa atau punya. Desain prosedur perbaikan pembelajaran
dalam penelitian ini terdapat dua siklus. Terdapat empat tahapan pada masingmasing siklus dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Teknis pengumpulan data dilakukan melalui mengerjakan lembar kerja
peserta didik dan hasil evaluasi. Kriteria keberhasilan pembelajaran adalah apabila
peserta didik dapat mencapai nilai pada tes formatif minimal 70.
Hasil penelitian menunjukkan metode bermain peran dapat meningkatkan
hasil belajar sejarah di kelas XI IPS 1 dengan perolehan hasil belajar siklus I ratarata 70,2 dengan ketuntasan klasikal 75 % pada siklus II rata-rata 86,4 ketuntasan
klasikal 100%.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a
match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah
terutama materi pembelajaran masa Hindu-Buddha. Saran yang dapat peneliti
berikan adalah pembelajaran harus dipersiapkan secara baik setiap harinya dengan
metode yang menarik dan lebih mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran,
agar peserta didik mencapai hasil belajar yang lebih baik lagi.
Kata kunci: make a match, hasil belajar, Hindhu, Buddha.
004/SEJ/PUS/I/2023 | 004/SEJ/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain