Text
SKRIPSI : MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 CILACAP TAHUN AJARAN 2022
Pada proses belajar mengajar, model pembelajaran menjadi salah satu faktor
munculnya minat belajar siswa. Supaya merangsang minat belajar yang tinggi dalam
proses pembelajaran maka harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik.
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil
belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Cilacap. Pemecahan masalah yang
digunakan oleh peneliti untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan
model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan
hasil observasi dan penelitian yang relevan maka dengan menggunakan variabel
yang sama yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sejarah
kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Cilacap.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan minat dan prstasi
belajar sejarah siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division
(STAD) Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri
2 Cilacap yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah minat dan prestasi belajar
sejarah siswa, juga model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).
Metode penelitian meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif
persentase dalam bentuk prosentase yaitu cara peneliti menggambarkan data secara
keseluruhan kemudian menarik simpulan dari suatu penelitian yang didasarkan hasil
pengolahan data dan harus selaras dengan jenis data yang ada. Cara yang ditempuh
adalah melakukan analisis data secara kuantitatif, yaitu hasil observasi dari
pelaksanaan tindakan berupa angka-angka, kemudian dilakukan analisis kualitatif,
yaitu menafsirkan hasil tindakan tersebut dengan kata-kata sehingga dapat ditarik
simpulan untuk menjawab permasalahan penelitian
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Student
Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar
siswa, hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata keadaan awal 19,44% dengan kriteria
cukup baik dan 80,56% kriteria kurang baik, meningkat pada siklus I menjadi 9,72
dengan kriteria sangat baik dan 83,33 dengan kriteria baik, dan 6,94% kriteria cukup
baik. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,50% dengan kriteria sangat baik dan
12,50% dengan kriteria baik. Untuk meyakinkan keberhasilan siswa maka dilakukan
observasi pasca siklus dengan hasil 91,67% dengan kriteria sangat baik dan 8,33%
dengan kriteria baik. Terbukti bahwa penelitian ini setiap siklusnya mengalami
peningkatan minat dan hasil belajar sejarah.
Kata kunci: Minat dan Hasil Belajar, Student Team Achievement Division
002/SEJ/PUS/I/2023 | 002/SEJ/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain