Text
SKRIPSI : PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI RENAISSANCE DAN MERKANTILISME PENGGUNAAN STORY TELLING KELAS XI IPS 1 DI SMAN 1 JEPON BLORA
Perubahan cara pembelajaran, masuknya budaya asing, serta pengaruh media
informasi saat ini telah membawa dampak yang besar terhadap motivasi dan hasil
belajar, khususnya pada mata pelajaran Sejarah. Tujuan dalam penelitian ini adalah
meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah peserta didik dengan menggunakan
metode Story Telling.
Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Januari 2022 sampai bulan Mei 2022.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Jepon Blora di kelas XI IPS 1 semester 2 tahun
2022/2023. Subjek dalam penelitian ini seluruh kelas kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jepon
Blora jumlah 28 siswa
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik dokumentasi untuk
memperoleh data motivasi belajar sejarah dan hasil belajar sejarah pada kondisi
awal. Untuk siklus 1 dan siklus 2 memperoleh data motivasi belajar dari daftar
observasi dan data hasil belajar dari hasil tes tertulis.
Hasil tindakannya yaitu dengan menggunakan metode Story Telling dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah bagi siswa kelas XI IPS 1 SMAN
1 Jepon Blora pada kelas XI IPS 1 semester 2 tahun ajaran 2022/2023
Kata kunci: motivasi belajar sejarah, hasil belajar sejarah dan metode Story
Telling.
003/SEJ/PUS/I/2023 | 003/SEJ/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain