Text
SKRIPSI : DINAMIKA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI MA SHOLAHUDDIN WONOSALAM DEMAK ) TAHUN AJARAN 2022/2023
Pendidikan adalah suatu proses bagaimana cara untuk merubah pola fikir dan
tingkah laku seseorang menjadi yang lebih baik. Guru menjadi salah satu faktor
keberhasilan dalam proses pembelajaran sedangkan murid adalah subyek
sekaligus obyek yang diharapkan ketika pembelajaran mengalami perubahan dari
segi pengetahuan maupun keterampilannya. Dinamika yang dihadapi guru dalam
pembelajaran sejarah di sejarah di MA Sholahuddin Wonosalam Demak yaitu
kurikulum yang selalu berubah, kompetensi guru yang tidak sesuai lulusan
sejarah, guru belum bisa memanfaatkan media secara maksimal, sarana prasarana
disekolah yang belum lengkap, terbatasnya waktu dalam pembelajaran sejarah,
struktur RPP yang sering kali berubah dan materi pada buku siswa kurikulum
2013 yang tidak beraturan serta kurang minatnya siswa dalam pembelajaran
sejarah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses
pembelajaran sejarah di MA Sholahuddin Wonosalam Demak?, (2) Apa saja
dinamika yang di hadapi guru dalam pembelajaran sejarah di MA Sholahuddin
Wonosalam Demak?, (3) Bagaimana cara untuk mengatasi dinamika dalam
pembelajaran sejarah di MA Sholahuddin Wonosalam Demak ?. Tujuan dari
penelitian ini: (1) Untuk mengkaji proses pembelajaran sejarah di MA
Sholahuddin Wonosalam Demak, (2) Untuk mengkaji dinamika yang di hadapi
guru dalam pembelajaran sejarah di MA Sholahuddin Wonosalam Demak, (3)
Untuk mengkaji cara mengatasi dinamika dalam pembelajaran sejarah di MA
Sholahuddin Wonosalam Demak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskripsi analisis. Informan dalam penelittan ini adalah guru sejarah, wakil kepala
bidang kurikulum dan juga siswa di MA Sholahuddin. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara, serta
dokumentasi Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data teknik. Hasil
penelitan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sejarah di MA
Sholahuddin Wonosalam Demak menggunakan kurikulum 2013 sebagai
kurikulum utama. Dinamika yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sejarah
yaitu guru belum bisa memanfaatkan media secara maksimal, sarana prasarana
disekolah yang belum lengkap, terbatasnya waktu dalam pembelajaran sejarah,
struktur RPP yang sering kali berubah dan materi pada buku siswa kurikulum
2013 yang tidak beraturan. Solusi untuk mengatasi dinamika yang dihadapi guru
dalam pembelajaran sejarah di MA Sholahuddin yaitu guru menugaskan siswa
untuk mencari buku-buku sumber yang relevan guru harus mengikuti pelatihanpelatihan atau seminar mengenai kurikulum 2013 melalui kegiatan MGMP, untuk
menyelesaikan kendala struktur RPP yang sering kali berubah guru menggunakan
RPP terbaru yang telah disosialisasikan oleh pemerintah
Kata Kunci : Dinamika, Guru Sejarah, Pembelajaran Sejarah
001/SEJ/PUS/I/2023 | 001/SEJ/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain