0.595 maka hipotesis kerja (Ha) yang xiv berbunyi: “Ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar pendidkan kewarganegaraan siswa SMK Taman Siswa Boja semester genap tahun ajaran 2021/2022" diterima. Mengikuti hiposis kerja diterima, maka bisa diamsusikan: semakin serius guru menggunakan metode pembelajaran artikulasi dalam proses pembelajaran, maka akan semakin meningkat prestasi belajar siswa. Sarannya adalah: (1) Bagi sekolah/ guru: hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, maka sebaiknya guru menggunakan metode dan model pembelajaran yang di sesuaikan dengan materi yang diajarkan. (2) Bagi orang tua: sebaiknya orang tua menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang dibutuhkan anak agar hasil belajar dapat meningkat. Selain itu (3) bagi siswa: Perlu didasari bahwa kegiatan yang dilakukan guru dan orang tuanya intinya adalah untuk kemajuan anak, maka sebaiknya anak mengikuti arahan, pemberian nasehat, serta bimbingan yang diberikan oleh guru dan orang tua." />
Text
SKRIPSI : PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK TAMAN SISWA BOJA
Supayakun,,NPM 1121230040. “Pengaruh Metode Pembelajaran
Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan
Kewarganegaraan di SMK Taman Siswa Boja". Skripsi : Jurusan PPKn Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang
Latar belakang penelitian ini adalah:metode pembelajaran yang digunakan
disekolah untuk memberikan motivasi dan peluang belajar siswa untuk lebih aktif,
guru hanya sebagai falisitator dan mode pembelajaran Artikulasi dirasa sebagai
metode yang tepat, serta menjadikan prestasi belajar siswa sebagai tolak ukur
hasil belajar siswa.
Permasalahan yang muncul adalah : (1) seberapa besar pelaksanaan
belajar dengan metode Artikulasi(2) seberapa besar prestasi belajar PKn siswa
SMK Taman Siswa Boja (3) adakah pengaruh metode pembelajaran Artikulasi
dengan prestasi belajar PKn siswa SMK Taman Siswa Boja.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Taman Siswa Boja tahun
ajaran 2014/2015 khususnya siswa kelas yang berjumlah 34 anak, alasan diambil
sampel hanya kelas VIII dikarenakan, kelas VIII sudah mulai menerapkan metode
pembelajaran Artikulasi pada tahun ajaran 2021/2022 dan diajar oleh guru yang
sama,Sehingga kelas VIII dipandang sebagai satu kesatuan populasi dengan
alasan diajar oleh guru yang sama, jumlah jam pelajaran sama, fasilitas ruang
kelas sama, buku pelajaran dan LKS yang digunakan sama,sehingga dapat
dikatakan populasi tersebut sama dengan alokasi waktu yang sama dan cara
mengajarnya juga sama.
Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa
metode untuk mendukung kelancaran penelitian, yaitu angket dan dokumentasi.
Angket digunakan untuk mengungkap penggunaan metode pembelajaran yang
dilakukan oleh guru. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui jumlah siswa
setiap kelas,sejarah, nama siswa dan data mengenai prestasi belajara PKn seperti
terdapat dalam buku induk atau lengger.
Tehnik analisis data yang digunakan ada dua, yaitu: analisis deskriptif
presentase (DP) dan analisis korelasi product moment. Analisis deskriptif
digunakan untuk mengetahui besarnya skor dari masing-masing variabel sekaligus
untuk menjawab rumusan masalah. Sedangkan korelasi product moment
digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari dua variabel,dan
sekaligus menjawab hipotesis yang diajukan. Adapun rumus korelasi product
moment adalah
Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Penggunaan metode pembelajaran
artikulasi dan proses pembelajaran di SMK Taman Siswa Boja termasuk kategori
cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor 38 atau 100% dari 38 siswa
sebagai responden yang menyatakan cukup tinggi. (2) Hasil belajar PKn yang
diperoleh siswa SMK Taman Siswa Boja semester genap tahun ajaran 2014/2015
juga termasuk sangat baik, hal ini diketahui dari perolehan skor 32 atau 84,21%
dari 38 siswa diperoleh kriteria sangat baik(3) Berdasarkan hasil hitung (r hitung)
diperoleh angka sebesar 0.595,angka tersebut lebih besar dari angka dalam r tabel
product 0.320, dengan persamaan: 0.996 > 0.595 maka hipotesis kerja (Ha) yang
xiv
berbunyi: “Ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran artikulasi
terhadap hasil belajar pendidkan kewarganegaraan siswa SMK Taman Siswa Boja
semester genap tahun ajaran 2021/2022" diterima. Mengikuti hiposis kerja
diterima, maka bisa diamsusikan: semakin serius guru menggunakan metode
pembelajaran artikulasi dalam proses pembelajaran, maka akan semakin
meningkat prestasi belajar siswa. Sarannya adalah: (1) Bagi sekolah/ guru: hasil
penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, maka sebaiknya guru
menggunakan metode dan model pembelajaran yang di sesuaikan dengan materi
yang diajarkan. (2) Bagi orang tua: sebaiknya orang tua menyediakan sarana dan
prasarana pembelajaran yang dibutuhkan anak agar hasil belajar dapat meningkat.
Selain itu (3) bagi siswa: Perlu didasari bahwa kegiatan yang dilakukan guru dan
orang tuanya intinya adalah untuk kemajuan anak, maka sebaiknya anak
mengikuti arahan, pemberian nasehat, serta bimbingan yang diberikan oleh guru
dan orang tua.
006/PPKn/PUS/I/2023 | 006/PPKn/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain