Text
SKRIPSI : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK PENGUATAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 2 KUNDURAN
Ika Maga Pundarika “Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Projek Untuk
Penguatan Karakter Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Kunduran”
Latar belakang pendidikan Penguatan Karakter Pelajar Pancasila lebih
berkaitan dengan menanam nilai-nilai tertentu dalam diri anak didik, seperti nilai- nilaiyang berguna bagi pengembangan pribadi sebagai makhluk individual
sekaligus sosial dalam lingkungan sekolah. Oleh karena itu, pendidikan karakter
di sekolah mengacu pada proses penanaman nilai, berupa pemahaman - pemahaman, tata cara merawat dan menghidupi nilai-nilai itu, serta bagaimana
seorang siswa memiliki kesempatan untuk dapat melatihkan nilai - nilai tersebut
secara nyata.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1). Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran berbasis projek untuk penguatan karakter Pelajar
Pancasiladi SMP Negeri 2 Kunduran. 2). Bagaimana Kendala-kendala
pelaksanaan pembelajaran berbasis projek untuk penguatanPendidikan karakter
Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Kunduran. 3). Apa saja strategi mengatasi
kendala pembelajaran berbasisprojek untuk penguatan karakter Pelajar Pancasiladi
SMP Negeri 2 Kunduran.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ; 1). Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis projek untuk penguatan
karakterPelajar Pancasiladi SMP Negeri 2 Kunduran. 2). Untuk
mendeskripsikanKendala-kendala pelaksanaan berbasis projek untuk
penguatankarakterPelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Kunduran. 3). Untuk
mendeskripsikanstrategi mengatasi kendala pembelajaran berbasisprojek untuk
penguatan karakterPelajar Pancasiladi SMP Negeri 2 Kunduran.
Metode penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji
suatu objek secara holistik (mendalam) dengan mengumpulkan data dilakukan
dengan cara bertatap muka langsung dan berintraksi dengan orang-orang yang ada
ditempat penelitian. Data hasil penelitian ini berupa data deskripsi yang berupa
data hasil wawancara, observasi maupun hasil dokumentasi. Dengan pendekatan
viii
kualitatif ini, akan digambarkan dan dianalisis setiap individu dalam setiap
kehidupan dan pemikirannya. Berdasarkan Hasil Sajian dan analisis data serta pembahasan, maka dapat
disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Projek Untuk Penguatan
Karakter Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 2 Kunduran” 1). Dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pancasila belum bisa berjalan secara
maksimal karena menggunakan sistem kurikulum merdeka dimana seorang
pendidik dituntuk untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran berlangsung
tujuan dalam pelajar pancasila dapat memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter dan sekaligus
kesempatan untuk belajar dalam dari lingkungan sekitar. 2). karena dipengaruhi
beberapa kendala dalam pelaksaan pembelajrana profil pelajar pancasila ini,
diantaranya adanya jadwa beberapa guru yang mengikuti MGMP dan dikelas
hanya ada satu guru yang mengajar sehingga kurang maksimal dalam
pelaksanaannya, membutuhkan waktu dan tenaga exstra dalam menyusun tugas
adminitrasi proyek karena baru pertama kali melaksanakannya, guru dituntuk
merancang pembelajaran yang kreatif dan cermat agar pembelajaran yang
terlaksanakan benar-benar terpusat pada siswa dimana siswa aktif berkontribusi
dalam pembelajaran, guru sebagai fasilitator, selain itu ada beberapa guru yang
belum paham bahkan tidak paham sama sekali terkait konsep dan teknis
pelaksanaan proyek. Alasannya beragam ada yang merasa bingung, memiliki
pemahaman namun belum utuh, atau alasan lain, kurangnya komitme guru dalam
pelaksanaan pembelajaran profil pelajar pancasila, padahal guru dituntut untuk
berkomitmen melaksanakan kegiatan proyek yang pelasanaan pembelajaran
berpusat kepada siswa, dimana keenam dimensi sebagai wujud profil pelajar
pancasila harus terinternalisasi dalam diri siswa”baik dari lingkungan sekolah
maupun dari kepribadian anak, yang nantinya akan dijelaskan sebagai berikut
Oleh karena itu, kita harus melaksanakan kurikulum berbasis karakter di dalam
proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran pada semua mata pelajaran serta
mempunyai strategi mengembangkan pembelajaran berbasis karakter. 3). Strategi
ix
dalam mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran projek
penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan dengan kekompakan tim,
saling mendukung agar tujuan dapat tercapai, tugas adminitrasi semakin
bertambah tetapi masalah dapat diatasi dengan kerjasama dan saling mendukung
dalam melaksakan pembelajaran profil pelajar pancasila.
Sarannya: 1). Bagi Pendidik. Hendaknya mengikuti kegiatan dalam bentuk
peningkatan kompetensi pendidik dengan wawasan Pembelajaran Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang nantinya akan diterapkan dilingkungan
masyarakat dengan Berakhlak Mulia dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, Gotong Royong, Mandiri, Kreatif, Kritis dan Kebhinekaan Global. 2). Bagi
Lembaga. Hendaknya segera memberikan penanggung jawab ketertiban siswa,
agar terlaksannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2
Kunduran. 3). Bagi Siswa. Hendaknya siswa rajin mengikuti kgiatan budaya
satuan pendidikan,Pembelajaran Intrakulikuler, dan ekstrakulikuler dan
pengarahan yang diberikan oleh guru, agar dapat memahimi tentang karakter
pelajar pancasila dan bisa terwujud dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Projek, Penguatan Karakter Pelajar
Pancasila.
003/PPKN/PUS/I/2023 | 003/PPKN/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain