Text
Skripsi : PENINGKATAN SISTEM REM ABS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK PANCASILA PURWODADI - CD Skripsi
ABSTRAK
Luthfi Hidayat.’’ MENINGKATKAN SISTEM REM ABS DENGAN
METODE PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN AUDIO
VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK PANCASILA PURWODADI Tahun
Pelajaran 2019/2020’’ Semarang Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Universitas
Ivet Semarang 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sistem rem ABS
pada siswa kelas XI SMK Pancasila Purwodadi Grobogan Tahun Pelajaran
2019/2020
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang menggunakan
audio visual pembelajaran sistem rem ABS teknik sepeda motor, dilakukan secara
kolaborasi dengan teman sejawat dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri
empat tahap yaitu (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) hasil
observasi, (4) refleksi. subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Pancasila
Purwodadi Grobogan Teknik Sepeda Motor sebanyak 30 siswa, Pengumpulan data
menggunakan metode observasi dan metode tes. Variabel penelitian ini yaitu variabel
sistem rem ABS dan variabel pelaksanaan pembelajaran ketrampilan sistem rem
dengan menggunakan audio visual. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes
instrumen tes berupa tes pengetahuan sedangkan istrumen nontes berupa
dokumentasi. Analis data dilakukan dengan teknik analis data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil analis data penelitian menunjukkan tingkat ketuntasan terus meningkat
dari pra siklus (39,47%), siklus 1 ( 60,52%) dan siklus II (89,47%), dengan demikian,
selama pelaksanaan ke dua siklus penelitian ini menunjukkan bahwa penerepan audio
visual pembelajaran sistem rem ABS Teknik Sepeda Motor dapat meningkatkan
kompetensi sistem rem pada siswa kelas XI (TSM) SMK Pancasila Purwodadi
Grobogan tahun pelajaran 2019/2020 dapat dibuktikan kebenaranya. Berdasarkan
penelitian tersebut, pembelajaran kompetensi sistem rem ABS (TSM)
Kata kunci: peningkatan hasil belajar, kompetensi sistem rem (TSM), audio visual
pembelajaran alternatif
011/PVTMO/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain