Text
SKRIPSI : ANALISIS CRITICAL THINKING SKILL YANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Pendidikan berada di masa pengetahuan (knowledge age) dengan
percepatan peningkatan pengetahuan yang luar biasa. Pendidikan semakin
penting untuk menjamin siswa memiliki ketrampilan belajar dan berinofasi
serta dapat bekerja dan bertahan dengan ketrampilan untuk hidup (life
skill). Ketrampilan critical thinking skill sangat diperlukan untuk
menghadapi berbagai permasalahan yang berbeda-beda yang dihadapi
dalam kehidupan bermasyarakat maupun personal. Oleh karena itu, dalam
kegiatan belajar siswa perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya
belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara efektif ,gaya belajar siswa meliputi gaya velajar visual,
auditori, kinestetik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
deskripsi critical thinking skill yang ditinjau dari gaya belajar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif
deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
tes dan angket, pengukuran tes untuk mengetahui tingkat critical thinking
skill menggunakan skala likert, angket untuk mengetahui gaya belajar apa
yang dimiliki siswa kemudian hasil analisis dideskripsikan dalam bentuk
paragraf.
Penelitian ini menghasilkan siswa gaya belajar visual mampu
mengidentifikasi permasalahan dan membuat kesimpulan dengan baik,
siswa gaya belajar auditorial mampu mengidentifikasi masalah, membuat
penyelesaian masalah dengan baik ,membuat kesimpulan dengan baik,
siswa gaya belajar kinestetik mampu mengidentifikasi permasalahan dan
memberikan penalaran cukup baik
Kata Kunci : Critical Thinking Skill, Gaya Belajar, Analisis.
001/MAT/PUS/I/2023 | 001/MAT/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain