Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENERAPAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI DI SMK PALAPA SEMARANG

Text

SKRIPSI : PENERAPAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI DI SMK PALAPA SEMARANG

Angga Aditya - Nama Orang;

Perilaku membolos menjadi trend di kalangan kenakalan atau perilaku
menyimpang remaja yang sering dilakukan oleh siswa di sekolah, termasuk siswa di
SMK Palapa Semarang. Guru BK sudah melakukan berbagai upaya, salah satunya
pemberian layanan bimbingan konseling termasuk bimbingan kelompok, namun
perilaku membolos masih sering di lakukan oleh siswa. Menanggapi masalah
tersebut, peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan
teknik khusus, yaitu strategi cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku
membolos siswa kelas XI di SMK Palapa semarang, dimana diantara kelas X,XI, dan
XII, kelas XI menjadi kelas yang siswanya paling banyak melakukan perilaku
membolos.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat perilaku membolos siswa
sebelum dan sesudah di berikan layanan bimbingan kelompok dengan strategi
cognitive restructuring serta pengaruhnya dalam mengurangi perilaku membolos
kelas XI di SMK Palapa Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari kelas
XI TBSM2 sebanyak 24 siswa dan kelas XI TOKR2 sebanyak 26 siswa. Sampel
dalam penelitian ini masing-masing sebanyak 10 siswa dari 2 kelompok yaitu
kelompok kontrol dan kelompok ekperimen, yang di ambil dari populasi dengan
teknik purposive sampling. Data di peroleh menggunakan angket. Analisis yang di
gunakan adalah analisis deskriptif, uji t.
Hasil penelitian di peroleh simpulan bahwa: 1) pelaksananan layanan
bimbingan kelompok dengan strategi restrukturing kognitif efektif dapat
mengentaskan perilaku membolos pada siswa, hal ini didukung perolehan skor secara
deskriptif dengan 4 (empat) indikator: a) proses pembelajaran yang membosankan; b)
kurang berminat dalam mata pelajaran; c) takut masuk karena tidak membuat tugas;
dan d) terpengaruh teman yang membolos termasuk dalam kriteria sangat sesuai,
sedangkan indikator tidak senang dengan sikap guru berada pada kriteria sesuai. 2)
hasil analisis diperoleh skor sebesar 0,259, angka tersebut lebih besar dari t tabel,
karena 0,259 > 0,086 maka hipotesis kerja (Ha): “Penerapan strategi cognitive
restructuring dalam bimbingan kelompok efektif dapat mengurangi perilaku
membolos pada siswa kelas XI SMK Palapa Semarang” dinyatakan diterima atau
terbukti.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Strategi Cognitive Restructuring, Perilaku
membolos.


Ketersediaan
004/BK/PUS/I/2023004/BK/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
004/BK/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Bimbingan dan Konseling
Angga Aditya
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI DI SMK PALAPA SEMARANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik