Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI OTKP SMK TEUKU UMAR SEMARANG
nya sendiri. Pandangan atau perspektif seperti mengenal karakteristik individu
itu sendiri, tingkah laku atau perbuatannya dan kemampuan diri. Melalui layanan
Bimbingan kelompok dengan teknik konseling realita diharapkan mampu
meningkatkan konsep diri pada siswa tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan efektivitas konseling realita
meningkatkan konsep diri siswa SMK Teuku Umar Semarang.Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yaitu dengan menggunakan PretestPosttest Control Group Design dengan Populasi berjumlah 34. Penelitian ini
menggunakan sampel kelas XI OTKP berjumlah 20 siswa yaitu 10 siswa
kelompok eksperimen dan 10 siswa kelompok kontrol. Analisis data yang
digunakan yaitu uji paired sampel t-test.
Dari hasil uji paired t-test didapatkan hasil nilai mean yaitu pada pair 1 nilai
mean pada post-test kelas eksperimen yaitu 66,80 lebih besar dari nilai nilai pretest kelas eksperimen yaitu 45,10. Dapat disimpulkan bahwa konseling realita
efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa setelah dilakukan layanan konseling
kelompok realita. Pada pair 2 nilai mean pada post-test kelas kontrol yaitu 54,60
lebih besar dari nilai nilai pre-test kelas kontrol yaitu 42,60. Dapat disimpulkan
bahwa konseling realita efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa setelah
dilakukan layanan konseling kelompok.
Kata kunci :konsep diri,konseling realitas
002/BK/PUS/I/2023 | 002/BK/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain