Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII

Text

SKRIPSI : PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII

Marifuddin - Nama Orang;

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagaman, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan terutama di lembaga sekolah. Guru harus bisa
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,
contohnya IPA di dalamnya memuat banyak hal yang bersifat faktual
membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang dan juga
mendorong peserta didik untuk melakukan aktivitas yang dapat mencapai potensi
maksimal yang dimilikinya baik secara individu maupun kelompok. Salah satu
model pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi masalah pembelajaran
tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan
model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa SMP
IT ADA Secang. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif quasi eksperiment
yang menggunakan desain Non-Randomize Control Group Pretest and Posttest
Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data
diperoleh dengan observas Analisis data yang digunakan analisis Independent
Sample t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa SMP IT ADA
Secang. Berdasarkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < Nilai Sig (2-tailed) 0,05.
Kata Kunci: Kooperatif, jigsaw, Hasil Belajar


Ketersediaan
004/IPA/PUS/I/2023004/IPA/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
004/IPA/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Pendidikan IPA
Marifuddin
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik