Text
SKRIPSI : PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagaman, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan terutama di lembaga sekolah. Guru harus bisa
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,
contohnya IPA di dalamnya memuat banyak hal yang bersifat faktual
membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang dan juga
mendorong peserta didik untuk melakukan aktivitas yang dapat mencapai potensi
maksimal yang dimilikinya baik secara individu maupun kelompok. Salah satu
model pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi masalah pembelajaran
tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan
model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa SMP
IT ADA Secang. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif quasi eksperiment
yang menggunakan desain Non-Randomize Control Group Pretest and Posttest
Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data
diperoleh dengan observas Analisis data yang digunakan analisis Independent
Sample t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa SMP IT ADA
Secang. Berdasarkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < Nilai Sig (2-tailed) 0,05.
Kata Kunci: Kooperatif, jigsaw, Hasil Belajar
004/IPA/PUS/I/2023 | 004/IPA/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain