Text
SKRIPSI : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PERAWATAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA ENGINE STAND KIJANG 5K PADA SISWA KELAS XI TKRO 5 DI SMK NURUL ISLAM LARANGAN KABUPATEN BREBES
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar praktik
perawatan sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI TKR 5 SMK
Nurul Islam Larangan Brebes (2) Mengetahui penerapan metode pembelajaran
inkuiri dengan media engine stand kijang 5K untuk meningkatkan hasil belajar
praktik perawatan sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI TKR 5
SMK Nurul Islam Larangan Brebes dan (3) Mengkaji peningkatan kinerja guru
dalam menerapkan metode pembelajaran inkuiri dengan media engine stand
kijang 5K pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru
mapel PMKR sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes yang berjumlah 35 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes observasi selama proses
pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif
kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai praktik yang di peroleh siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dari kondisi awal sebelum menggunakan metode inkuiri yang masih
menggunakan metode konvensional yaitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai
diatas KBM hanya 7 anak dari 35 siswa dalam satu kelas dengan nilai rata rata
kelas 61,71 dengan demikian hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode
inkuiri ketuntasan nilai kelas XI TKR 5 yaitu 20%. kemudian setelah
dilaksanakan pembelajaran melalui metode inkuiri pada Siklus I yaitu jumlah
siswa yang tuntas diatas KBM 24 anak dari 35 siswa dengan nilai rata rata kelas
75,85 dengan demikian hasil belajar praktik siswa setelah menggunakan metode
inkuiri ketuntasan nilai kelas XI TKR 5 yaitu 68,57% karena belum memenui
target presentase ketuntasan minimal dalam satu kelas maka dilanjut ke Siklus II.
Pada siklus 2 hasil siswa yang mencapai ketuntasan nilai KBM ada 32 siswa
dengan nilai rata rata kelas 86 dan presentase ketuntasan nilai kelas XI TKR 5
pada siklus 2 mencapai 91,42%. Dan untuk penanganan siswa yang belum aktif
dan belum tuntas yaitu guru mendekati siswa tersebut untuk di berikan arahan
supaya lebih aktif baik ketika diskusi ataupun dalam praktik. Dan hasilnya dapat
di simpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media Engine Stand
Kijang 5K dapat meningkatkan hasil belajar praktik sistem pengapian
konvensional siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes.
Kata kunci : Sistem pengapian konvensional, metode inkuiri, siswa kelas XI TKR
5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain