Text
SKRIPSI : PENGARUH KOMPETENSI ABAD 21 DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PEMBANGUNAN NASIONAL PURWODADI
Perkembangan kompetensi abad 21 menuntut seseorang mengusai berbagai
ketrrampilan, meliputi ketrampilan teknologi, informasi dan komunikasi.
Sehingga suatu kewajiban bagi seorang guru atau dosen untuk memberikan
pembelajaran ketrampilan digital atau yang lebih dikenal dengan literasi digital.
Hal ini menunjukan bahwa kompetensi abad 21 tidak akan cukup, jika siswa tidak
memiliki kompetensi literasi digital. Namun dari informasi yang diperoleh semua
siswa di SMK Pembangunan Nasional Purwodadi memiliki smartphone yang
digunakan dalam pembelajaran literasi, merujuk dari pentingnya pembelajaran
pada era teknologi seperti sekarang ini, kemampuan literasi digital siswa dapat
menunjang hasil belajar yang lebih maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis pengaruh kompetensi abad 21
terhadap hasil belajar, (2) menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil
belajar siswa, (3) menganalisis pengaruh kompetensi abad 21 dan literasi digital
terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Pembangunan Nasional
Purwodadi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel sebanyak
103 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas.
Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji
autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji
hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T,
uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah
data spss versi 24.0.
Hasil analisis menunjukkan (1) Kompetensi abad 21 (X1) terhadap Hasil
belajar (Y) dalam kategori sangat setuju. Hal ini ditunjukkan 83 (81%) dari 103
responden siswa memberikan tanggapan terhadap kompetensi abad 21 berada
pada kategori sangat setuju. (2) Literasi Digital (X2) terhadap Hasil Belajar (Y)
dalam kategori sangat steuju. Hal ini ditunjukkan 98 (95%) dari 103 responden
siswa memberikan tanggapan terhadap literasi digital dalam kategori sangat
setuju. (3) Terdapat pengaruh Kompetensi Abad 21 (X1) dan Literasi Digital (X2)
terhadap Hasil Belajar (Y) kelas XI TKR di SMK Pembangunan Nasional
Purwoadi. Yang mana dibuktikan dari hasil uji F yang menunjukkan nilai
signifikansi (Sig) = 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai F hitung = 140,691 > t
tabel 1,41.
Kata Kunci : Kompetensi Abad 21, Literasi Digital, Hasil Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain