Text
SKRIPSI : EVEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SISWA SMK SYAFA’ATUL UMMAH BULAKAMBA
Pada abad ke-21 telah terjadi berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan adanya teknologi informasi dan
komunikasi yang menyebar secara cepat dan luas dalam setiap bagian kehidupan termasuk
dalam dunia pendidikan. Terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
dunia pendidikan, menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan
pembelajaran agar tercapainya tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan Evektivitas penggunaan metode belajar Student Centered Learning
berbasis Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran simulasi
digital pada siswa di SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, tahap penyajian data, tahap
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahap pelaksanaan penggunaan
metode belajar Student Centered Learning berbasis google classroom pada mata pelajaran
simulasi digital pada siswa di SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba sudah tepat, tetapi guru
mata pelajaran simulasi digital ini juga masih dalam tahap belajar dalam menggunakan
aplikasi google classrom dalam proses pembelajaran. Guru telah mempersiapkan materi
yang akan diajarkan kepada siswa, guru memberitahu terlebih dahulu materi yang
diajarakan di grup whatsaap yang dilanjutkan dengan pemberian materi di aplikasi google
classroom. Akan tetapi masih banyak pula siswa yang telat dalam mengumpulkan tugas di
google classroom hal ini lah yang menunjukkan bahwa kesiapan siswa masih kurang. (2)
Tahap evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran
simulasi digital di SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba menggunakan 3 aspek penilaian,
yaitu penilaian kognitif (pengetahuan) dinilai dari penguasaan materi, penilain afektif
(sikap) dinilai dari kesopan siswa saat menjawab pertanyaan guru dan ketika memberikan
tanggapan kepada guru, penilain psikomotorik yaitu melihat keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran berlangsung.
Kata kunci : Student Centered Learning, google classroom
006/TIK/PUS/I/2023 | 006/TIK/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain