Text
Skripsi : PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 1 KUNDURAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Galuh Dwi Prasti (2022). ” Peningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas VIII B
SMP N 1 Kunduran”. Skripsi Pendidikan Bimbingan dan Konseling fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif
yaitu mengenai uraian-uraian kegiatan siswa dan penelitian ini mengunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan bimbingan konseling
(PTBK). Penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) merupakan suatu
kegiatan untuk mempelajari suatu masalah, mencari solusi, serta melakukan
perbaikan dengan menerapkan suatu tindakan nyata yaitu diberikannya layanan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan self control dalam motivasi belajar
siswa SMP N 1 Kunduran
Beberapa hal pertama kali motivasi siswa sebelum mendapatkan layanan
bimbingan kelompok dengan Teknik self management, peserta didik terbagi
menjadi 3 golongan, golongan yang pertama kategori siswa rajin dan pintar,
motivasi belajar sangat tinggi, golongan kedua peserta didik yang biasa saja,
motivasi belajar tergolong biasa dan tidak mencolok. Golongan ketiga kategori
kurang motivasi belajar, ada beberapa siswa yang tidak mau sama sekali belajar
dan tergolong malas. Dari pendapat guru Konseling siswa masih kurangnya
termotivasi belajarnya. Motivasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1
Kunduran sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik self
management dilihat dari hasil observasi siklus 1 adanya peningkatan yang belum
terlalu signifikan, ditandai dengan siswa yang mampu berdiskusi walaupun ada
beberapa siswa yang masih kurang semangat dalam bimbingan kelompok.
Sehingga adanya evaluasi dimana siswa akan diberikan motivasi belajar dengan
bantuan Guru Konseling dengan harapan siswa mampu dan bisa semangat belajar.
Hasilnya terjadi pada siklus 2 dimana tandanya siswa sudah mulai bisa diatur,
adanya feedback dengan siswa dan siswa mulai memilki motivasi belajar.
Peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kunduran mulai
terlihat kenaikan ketika peneliti melakukan penelitian di siklus 2, adanya
kesadaran siswa yang menjadi tanda siswa tersebut bersemangat belajar dan
motivasi belajar tinggi. Beberapa hal yang menjadi pengaruh yaitu salah satunya
kesadaran siswa itu sendiri pada pertama kali melakukan bimbingan kelompok
dengan Teknik self management. Siswa menjadi aktif dan niat belajar tinggi, di
perbandingan grafik siswa melaksanakan penelitian siklus 2 memiliki kriteria
yang tinggi.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok, Self Management
002/BK/PUS/II/2022 | 002/BK/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain