Text
SKRIPSI : PENGEMBANGAN E- LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENGATASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X DKV DI SMK PGRI 2 TAMAN
Latar Belakang Adanya Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis LMS
(Learning Management System) Moodle untuk mengatasi gaya belajar siswa di
SMK PGRI 2 Taman. sudah merencanakan untuk melengkapi website sekolah dan
memikirkan konsep pembelajaran daring dengan E-learning sudah lama sebelum
pandemi. Pada awalnya Pembelajaran Daring Berbasis LMS (Learning
Management System) Moodle di SMK PGRI 2 Taman hanyalah sebagai media
pelengkap dan tambahan dalam pembelajaran. Tujuannya adalah agar siswa yang
tidak masuk sekolah bisa mengikuti dan mendalami materi yang tersedia melalui Elearning ini dan mengatasi gaya belajar siswa lebih menarik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mendalam
mengenai penerapan pembelajaran daring melalui E-learning berbasis LMS
(Learning Management System) Moodle Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK
PGRI 2 Taman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field
research), metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi dan angket yang diperoleh dari informan terkait dengan
permasalahan penelitian.
Metodelogi dalam penelitian pengembangan ini adalah model prosedural, yaitu
model yang bersifat deskriptif dan menggariskan pada langkah-langkah
pengembangan. Berdasarkan teori dari Sugiyono (2012: 409), langkahlangkah yang
harus diikuti untuk menghasilkan produk meliputi tahap potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba
produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring berbasis
LMS Moodle ini berjalan sesuai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan
tahap evaluasi, Sebelum pelaksanaan pembelajaran informatika secara daring ini
guru merencanakan untuk mempersiapkan rencana pembelajaran baik kurikulum,
silabus, RPP yang sesuai dengan hasil yang diharapkan, Pelaksanaan pembelajaran
daring berbasis moodle ini juga sudah berjalan sesuai dengan konsep pembelajaran
daring dimana siswa mampu mengoperasikan, mengakses dan memanfaatkan Elarning dengan baik. Evaluasi pembelajaran daring melalui E-learning dilakukan
oleh pihak sekolah dengan melakukan monitoring terhadap semua pengguna Elearning. Selain itu evaluasi dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran
informatika dilaksanakan kapanpun, di manapun oleh guru terkait dan penilaiannya
sudah tertera di dalam E-learning.
.
Kata Kunci : Pengembangan E-learning berbasis moodle
005/TIK/PUS/I/2023 | 005/TIK/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain