Text
SKRIPSI : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DASAR DESAIN GRAFIS BERBASIS ANDROID DI SMK N 1 REMBANG
Dari hasil observasi wawancara kepada pendidik di mata pelajaran Dasar
Desain Grafis kelas X pada SMK Negeri 1 Rembang, peserta didik kelas X
mempunyai masalah saat pembelajaran masa pandemi Covid. Sistem pendidikan
yang diterapkan di Indonesia di era new normal mengalami perubahan-perubahan.
Peserta didik cenderung susah memahami materi, karena keterbasan waktu dalam
pertemuan tatap muka langsung dan susahnya pertemuan daring yang media
pembelajaran hanya beberapa materi saja yang diberikan melalui media file Power
Point.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara mendesain media
pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Microsoft Powerpoint
terintegrasi Ispring Suite dan APK Builder pada materi mata pelajaran Dasar Desain
Grafis semester 1 kelas X. (2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran
interaktif berbasis android menggunakan Microsoft Powerpoint terintegrasi Ispring
Suite dan APK Builder pada materi mata pelajaran Dasar Desain Grafis semester 1
kelas X.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D) yang berpedoman pada desain penelitian dan
pengembangan Borg dan Gall. Peneliti membatasi langkah-langkah penelitian dan
pengembangan dari sepuluh langkah menjadi 6 langkah yaitu: 1) Potensi dan
masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Validasi desain; dan 5) Revisi
desain 6) Uji coba produk. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Rembang.
Populasinya adalah pendidik dan peserta didik, sedangkan untuk sample ada 25
peserta didik yang dipilih secara acak. Variabel bebas (X) Penggunaan Media
pembelajaran Interaktif, dan variabel terikat (Y): Penggunaan Media pembelajaran
Interaktif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner dan
dokumentasi. Uji validitas dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi.
Teknik analisis data berupa analisis deskriptif deskriptif kuantitatif yang mana
penilaiannya menggunakan model rating scale.
Berdasarkan hasil pengujian, uji validitas produk oleh ahli media
diperoleh presentase sebesar 91,7%, sedangkan hasil uji validasi oleh ahli materi
mendapat presentase sebesar 93%. Untuk hasil uji coba produk oleh peserta didik
diperoleh presentase 93,4%. Berdasarkan dari hasil tersebut kelayakan media
pembelajaran yang ditinjau dari uji validitas ahli media dan ahli materi, serta dari
uji coba kepada peserta didik dinyatakan layak dan sangat baik untuk menjadi alat
bantu dalam proses pembelajaran peserta didik di SMK Negeri 1 Rembang.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Android, Dasar Desain Grafis
001/TIK/PUS/I/2023 | 001/TIK/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain