Text
SKRIPSI : PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTIK MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN UNIT KOMPETENSI BATERAI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-TKRO SMK NEGERI 1 KARANGAWEN
Tujuan penelitian untuk: 1) menganalisis pelaksanaan pembelajaran
project based learning; 2) menganalisis keterampilan praktik mata pelajaran
Baterai pada peserta didik; dan 3) membuktikan besarnya pengaruh pelaksanaan
pembelajaran project based learning terhadap keterampilan praktik mata
pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan unit kompetensi Baterai pada
peserta didik Kelas XI-TKRO SMK Negeri 1 Karangawen.
Desain penelitian yang digunakan termasuk tipe eksplanatori dengan
pendekatan kuantitatif, sebab data yang diperoleh didasarkan pada angka dari hasil
sebaran instrumen sebagai alat pengumpul data utama. Subjek penelitian sebanyak
99 siswa dengan sampel jenuh. Sebelum instrumen angket digunakan untuk
mengambil data di lapangan, telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas yang
hasilnya dinyatakan valid dan reliabel. Adapun teknik analisis data digunakan
analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) pelaksanaan model pembelajaran
project based learning (PBL) termasuk kriteria sangat tinggi, hal ini didukung
perolehan skor F hitung sebesar 24,517 dengan signifikansi 0,002 < 0,05; 2)
pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan unit kompetensi Baterai oleh peserta
didik termasuk sangat tinggi, hal ini didukung perolehan skor pada F hitung
24,517 dengan signifikansi 0,002 < 0,05; dan 3) pelaksanaan model pembelajaran
project based learning (PBL) oleh guru di SMK Negeri 1 Karangawen memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap peningatan keterampilan praktik mata
pelajaran Baterai sebesar 0,469 atau 46,9% dengan signifikansi 0,002 < 0,05.
Kata kunci: Project based learning, kompetensi baterai
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain