Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN HASIL DARI KOMPETENSI SISTEM KELISTRIKAN PADA TEKNIK SEPEDA MOTOR SESUAI STANDAR SKKNI DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MIND – MAP PADA KELAS XI TBSM SMK AL MUSYAFFA’ KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Hasil Kompetensi mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan sepeda motor
kelas XI TBSM SMK Al Musyaffa Kendal masih dibwah KKM (kriteria
ketuntasan minimal) yaitu 75, hal ini disebabkan metode pembelajaran yang
digunakan oleh guru masih bersifat konvensional dan kurang menarik sehingga
siswa menjadi kurang antusias dalam mengikui kegiatan belajar mengajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran MindMap dapat meningkatkan hasil kompetensi belajar siswa kelas XI TBSM SMK Al
Musyaffa’ Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
kompetensi pembelajaran mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor
kompetensi memahami prinsip kerja sistem pengapian elektronik di SMK Al
Musyaffa’ kendal
Penelitian dilakukan melalui dua siklus , dimana masing-masing siklus
melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM SMK Al Musyaffa’ Kendal yang
berjumlah 31 Siswa. Data hasil kompetensi siswa diperoleh melalui tes teori, tes
praktik dan observasi penilaian sikap siswa.
Hasil menunjukkan pada siklus I yaitu hasil kompetensi pengetahuan siswa
yang mampu mencapai nilai ketuntasan minimum (KKM) 12 siswa (39%) , hasil
rata-rata dan presentase kompetensi sikap siswa adalah 3 (64%) dan hasil penilaian
ketrampilan pada pelaksanaan tindakan siklus I menunjukkan 16 siswa (52% ) yang
sudah kompeten. Dimana nilai tersebut lebih rendah dari ketuntasan kompetensi
klasikal seperti yang diharapkan yaitu sebesar 90%. Pada siklus II hasil kompetensi
pengetahuan siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan minimum (KKM) 28
siswa (90%) , hasil rata-rata dan presentase kompetensi sikap 3,7 (92,5%) dan hasil
penilaian ketrampilan pada pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan 31 siswa
(100%) dimana nilai tersebut lebih tinggi dari ketuntasan kompetensi klasikal
seperti yang diharapkan yaitu sebesar 90%.
Hasil analisis penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi siswa
dengan metode pembelajaran mind-map. Peningkaan pembelajaran dengan
menggunakan metode mind-map ditunjukan dengan peningkatan hasil kompetensi
siswa pada siklus II pada kompetensi pengetahuan dengan lketuntasan klasikal
sebesar 90%. Penilaian kompetensi sikap 93 % dan penilaian kompetensi
ketrampilan 100%.
Kata kunci : Pemeliharaan listrik sepeda motor, mind – map , Keaktifan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain