Text
Skripsi : EFEKTIVITAS TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XI SMK HIDAYAH SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Veni Dwi Kurniawati (2022). “Efektivitas Teknik Cinema Therapy dalam Bimbingan
Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas XI SMK Hidayah Semarang”.
Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 65 halaman.
Perilaku prososial perlu dimiliki oleh setiap individu. Keadaan ini hendaknya
diikuti dengan perilaku individu untuk menolong dan berbagi dengan orang lain.
Ketika kesadaran diri untuk menolong orang yang membutuhkan bantuan itu semakin
rendah, maka dapat menimbulkan perilaku antisosial. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendeskripsikan efektivitas teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok
terhadap perilaku prososial siswa Kelas XI SMK Hidayah Semarang.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah post test only control design. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji t-test.
Hasil penelitian ini adalah cinema therapy dalam bimbingan kelompok efektif
terhadap perilaku prososial siswa . Dibuktikan pada uji Independent T-Test nilai ratarata perilaku prososial siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dengan nilai
sebesar 69,90 daripada nilai rata-rata perilaku prososial siswa pada kelompok kontrol
sebesar 56,70 dengan mean differences (selisih nilai rata-rata) 13,20.
Terdapat perbedaan perilaku prososial siswa antara bimbingan kelompok
menggunakan cinema therapy dengan bimbingan kelompok tanpa menggunakan
cinema therapy. Dengan demikian bimbingan kelompok menggunakan cinema
therapy lebih efektif dibanding bimbingan kelompok tanpa menggunakan cinema
therapy.
Kata kunci : cinema therapy, bimbingan kelompok, perilaku prososial
003/BK/PUS/II/2022 | 378.2 KUR e | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain