Text
SKRIPSI : PENGARUH MODIFIKASI SUDUT KONTAK DRIVE PULLEY DAN VARIASI BERAT ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI 4 TAK 110 CC
Tujuan penelitian ini adalah 1). Menganalisis pengaruh variasi berat roller
dan sudut kontak drive pulley terhadap daya mesin sepeda motor matic injeksi 4 tak
110 cc. 2). Menganalisis pengaruh variasi berat roller dan sudut kontak drive pulley
terhadap torsi mesin sepeda motor matic injeksi 4 tak 110 cc. 3). Menganalisis
pengaruh variasi berat roller dan sudut kontak drive pulley terhadap konsumsi
bahan bakar (SFC) pada mesin sepeda motor matic injeksi 4 tak 110 cc.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan deskriptif untuk
mengungkapkan informasi tentang variasi beratroller dan sudut kontak drive pulley
Continuously Variable Transmission (CVT) terhadap performa mesin sepeda
motor. Penelitian ini dilaksanakan di Bengkel Laboratorium PVTMO Universitas
Ivet Semarang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sepeda motor
Honda Beat FI 110 cc tahun 2013 di pengaruhi dua variasi berat roller dan dua
sudut kontak drive pulley. Teknik analisis data dengan deskriptif yang
membandingkan variasi berat roller 13 gram standar, 10 gram variasi, sudut
kontak drive pulley 14° standar dan 13,5° vasiasi dengan kondisi CVT standar
terhadap performa sepeda motor Honda Beat FI 110 cc.
Hasil Penelitian : 1). Pengaruh sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller 10
gram menghasilkan torsi lebih kecil dari pada sudut kontak drive pulley 14° dan
roller 13 gram di 4000 rpm. Sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller variasi 10
gram mengalami penurunan torsi 3,77%. Sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller
13 gram mengalami penurunan torsi 0,47%. Tetapi pada sudut kontak drive pulley
14° dan roller 10 gram mengalami kenaikan torsi 2,83%. Penurunan torsi pada
sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller 13 gram hanya pada rpm rendah. Akan
tetapi di rpm 7000 mengalami kenaikan yang signifikan. 2). Pengaruh penggunaan
sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller variasi 10 gram memiliki kenaikan daya
tertinggi di rpm 7000. Sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller variasi 10 gram
mengalami kenaikan daya 4,64%. Sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller 13
gram mengalami kenaikan daya 9,67%. Pada sudut kontak drive pulley 14° dan
roller 10 gram mengalami kenaikan daya 3,87%. 3). Pengaruh sudut kontak drive
pulley 13,5° dan roller variasi 10 gram menghasilkan Spesific Fuel Consumption
(SFC) lebih kecil dari kondisi standar di rpm 8000. Sudut kontak drive pulley 13,5°
dan roller variasi 10 gram mengalami penurunan 12,41%. Sudut kontak drive pulley
13,5° dan roller 13 gram mengalami penurunan 9,65%. Sudut kontak drive pulley
14° dan roller 10 gram mengalami penurunan 2,07%.
Kata Kunci : Berat Roller, Sudut Kontak Drive Pulley, Torsi, Daya, SFC,
......Performa Mesin
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain