Text
SKRIPSI : PENGARUH KETERSEDIAAN ALAT PRAKTIKUM SESUAI STANDAR DAN TINGKAT KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN KOMPONEN KELAS XI TKRO SMK YASIHA GUBUG, GROBOGAN
Banyaknya tamatan sekolah menengah kejuruan yang menganggur atau
tidak bekerja karena tidak diakui oleh dunia industry atau dunia kerja dan masih
ada standar kompetensi peserta didik yang belum memenuhi kriteria KKM serta
belum diketahui kelengkapan alat praktek bengkel kompetensi keahlian teknik
kendaraan ringan otomotif dan suatu kajian khusus mengenai ketersediaan
peralatan praktik.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui pengaruh kelengkapan
ketersediaan alat praktikum terhadap kompetensi melaksanakan pemeliharaan
komponen, (2) mengetahui pengaruh tingkat ketercapaian pembelajaran terhadap
kompetensi melaksakan pemeliharaan komponen, (3) mengetahui pengaruh
ketersediaan kelengkapan alat praktikum dan ketercapaian pembelajaran
kompetensi melaksanakan pemeliharaan komponen di SMK Yasiha Gubug tahun
pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel sebanyak 80
siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji
persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji
autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji
hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T,
uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah
data spss versi 24.0.
Hasil analisis menunjukkan (1) Ketersediaan Alat Praktik (X1) terhadap
Kompetensi Pemeliharaan Komponen (Y) dalam kategori sangat setuju. Hal ini
ditunjukkan 64 (80%) dari 80 responden siswa memberikan tanggapan terhadap
Ketersediaaan Alat Praktikum berada pada kategori sangat setuju. (2)
Ketercapaian Pembelajaran (X2) terhadap Kompetensi Pemeliharaan Komponen
(Y) dalam kategori sangat setuju. Hal ini ditunjukkan 53 (66%) dari 80 responden
siswa memberikan tanggapan terhadap Kompetensi Melaksanakan Pemeliharaan
Komponen dalam kategori sangat setuju. (3) Terdapat pengaruh Ketersediaan Alat
Praktik (X1) dan Ketercapaian Pembelajaran (X2) terhadap Kompetensi
Pemeliharaan Komponen (Y) kelas XI TKRO di SMK Yasiha Gubug. Yang mana
dibuktikan dengan menggunakan rumus Ftabel = k ; n-k diperoleh F tabel sebesar =
1,41, nilai Fhitung 27,574 > nilai Ftabel 1,41 dan nilai signifikansi F sebesar 0,000 <
0,05 (5%) yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha3 diterima.
Kata Kunci : Ketersediaan Alat Praktik, Ketercapaian Pembelajaran, Kompetensi
Melaksanakan Pemeliharaan Komponen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain