Text
SKRIPSI : PENGARUH TEACHING FACTORY DAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP BUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 5 KENDAL
Penelitian dilatarbelakangi adanya perubahan penerapan pembelajaran
Teaching Factory dari sistem pembelajaran tatap muka ke sistem pembelajaran
dalam jaringan akibat pandemi Covid-19 pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri
5 Kendal yang bersiap masuk ke dunia industri dan membutuhkan bekal Budaya
Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Teaching Factory siswa kelas XI
TKR, mendeskripsikan sistem pembelajaran dalam jaringan siswa kelas XI TKR,
mendeskripsikan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja siswa kelas XI TKR,
menganalisis adanya pengaruh Teaching Factory terhadap budaya keselamatan dan
kesehatan kerja siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 5 Kendal, menganalisis adanya
pengaruh pembelajaran dalam jaringan terhadap budaya keselamatan dan kesehatan
kerja siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 5 Kendal, menganalisis adanya pengaruh
Teaching Factory dan pembelajaran dalam jaringan terhadap budaya keselamatan
dan kesehatan kerja siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 5 Kendal.
Metode penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data
dengan metode dokumentasi dan metode angket. Populasi penelitian sebanyak 58,
dan sampel 30 anak dengan penentuan sampel menggunakan proporsional random
sampling, pengujian instrumen data adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik
analisis uji prasyarat menggunakan, uji normalitas, uji linearitas, uji
multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedestisitas, dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji T, uji F, uji regresi ganda, dan koefisien determinasi dengan
menggunakan bantuan program spss versi 26.0.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan nilai hasil uji hipotesis regresi
ganda variabel Teaching Factory terhadap Budaya Keselamatan dan Kesehatan
Kerja dengan nilai signifikan 0,011 lebih rendah dari 0,05 sehingga Ha diterima,
sedangkan variabel Pembelajaran Dalam Jaringan terhadap Budaya Keselamatan
dan Kesehatan Kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,016 lebih rendah dari 0,05
sehingga Ha diterima. Ada pengaruh positif antara Teaching Factory dan
Pembelajaran Dalam Jaringan terhadap Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
siswa kelas XI TKR SMK Negeri 5 Kendal dengan hasil 27,1% ditunjukkan dari
nilai uji koefisien determinasi pada nilai R Square sebesar 0,271.
Kata Kunci : Teaching factory, pembelajaran dalam jaringan , budaya K3.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain