Text
SKRIPSI : PENGARUH PENGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGELASAN SISWA KELAS X TEKNIK BODY OTOMOTIF SMK BINA UTAMA KENDAL
Penggunaan internet berkembang sangat drastis. Salah satunya adalah
penggunaan YouTube yang diminati masyarakat. Karena perkembangan yang
semakin pesat nantinya juga akan berpengaruh terhadap pendidikan dan media
pembelajaran. Pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran juga akan
menunjang model pembelajaran Problem Based Learning dimana guru dapat
melihat bagaimana siswa merencanakan pemecahan masalah, melihat bagaimana
siswa menunjukkan pengetahuan dan kompetensiya.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis YouTube terhadap kompetensi
pengelasan, (2) menganalisis Problem Based Learning terhadap pengelasan, (3)
menganalisis YouTube dan Problem Based Learning terhadap pengelasan siswa
Kelas X TBO SMK Bina Utama Kendal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel sebanyak 44 siswa.
Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji
persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji
autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji
hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T,
uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah
data spss versi 24.0.
Hasil analisis menunjukkan (1) Penggunaan media sosial YouTube (X1)
terhadap kompetensi pengelasan (Y) dalam kategori sering. Hal ini ditunjukkan 42
(95%) dari 44 responden siswa memberikan tanggapan terhadap penggunaan media
sosial YouTube berada pada kategori sering. (2) Problem Based Learning (X2)
terhadap Kompetensi pengelasan (Y) dalam kategori sering. Hal ini ditunjukkan 39
(89%) dari 44 responden siswa memberikan tanggapan terhadap Problem Based
Learning dalam kategori sering. Terdapat pengaruh pengggunaan media sosial
YouTube (X1) dan Problem Based Learning (X2) terhadap kompetensi pngelasan
siswa (Y) kelas X TBO di SMK Bina Utama Kendal. Yang mana dibuktikan dengan
menggunakan rumus Ftabel = k ; n-k diperoleh F tabel sebesar = 1,43, nilai Fhitung
1,757 > nilai Ftabel 1,43 dan nilai signifikansi F sebesar 0,003 < 0,05 (5%) yang
menunjukkan Ho ditolak dan Ha3 diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan
“ada pengaruh penggunaan media sosial YouTube dan Problem Based Learning
terhadap kompetensi pengelasan siswa kelas X TBO di SMK Bina Utama Kendal”
dapat diterima.
Kata Kunci : Media Sosial YouTube, Problem Based Learning, Kompetensi
Pengelasan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain