Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KOMPETENSI PERAWATAN SISTEM REM CAKRAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN MEDIA UNIT SEPEDA MOTOR VEGA R PADA SISWA KELAS XI TBSM 1 SMK DIPONEGORO LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL SKRIPSI
Latar belakang masalah : rendahnya ketuntasan belajar siswa disebabkan
beberapa faktor diantaranya dari faktor guru, faktor siswa dan faktor peralatan
Penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran kurang
menarik, sehingga menjadikan siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran
yang di berikan oleh guru. Sementara terbatasnya peralatan yang ada di sekolah
menjadikan guru tidak mampu menggunakan media pembelajaran dengan
maksimal bedasarkan observasi yang dilakukan di SMK Diponegoro Lebaksiu.
Dalam kenyataannya observasi yang dilakukan di SMK Diponegoro Lebaksiu
pada praktek perawatan sistem rem cakram rendah. Ini terlihat pada hasil pra
siklus jumlah siswa yang sudah kompeten (mendapatkan nilai 79-100) adalah 12
siswa dengan prosentase 46,15 %, sisanya 53,85 % belum mampu mencapai target
pembelajaran yang diharapkan.
Permasalahan ini bertujuan sebagai 1. Meningkatkan kompetensi perawatan
sistem rem cakram melalui model Project Based Learning dengan media sepeda
motor Vega R pada siswa kelas XI TBSM 1 SMK Diponegoro Lebaksiu semester
gasal tahun pelajaran 2022/2023, 2. Mengetahui penerapan pembelajaran model
Project Based Learning dengan media Sepeda Motor Vega R dalam
meningkatkan kompetensi perawatan sistem rem cakram pada kelas TBSM 1
SMK Diponegoro Lebaksiu semester gasal tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Dimana masing-masing
siklus terdiri dari 2 pertemuan dan dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu
perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sedangkan subjek penelitian
adalah siswa kelas XI TBSM 1 SMK Diponegoro Lebaksiu Tahun pelajaran
2022-2023 sebanyak 26 siswa.
Kesimpulan : Hasil kompetensi siswa dengan model pembelajaran project
based learning mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan rata-rata 76,9%
dan pada siklus II dengan rata-rata 92,3 % terdapat peningkatan sebesar 46,15%
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat
meningkatkan hasil kompetensi mata pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda
Motor.materi sistem rem cakram pada siswa kelas XI TBSM 1 SMK Diponegoro
Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Kata Kunci : Project Based Learning, Sistem Rem Cakram, Kompetensi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain