Text
SKRIPSI : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KOMPONEN SISTEM REM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS X TKRO 1 SMK MUHAMMADIYAH RANDUBLATUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Penelitian ini dilatar belakangi Perkembangan media masyarakat maupun
refrensi dari masyarakat dan teknologi pembelajaran yang semakin pesat dengan
adanya kurikulum merdeka belajar menjadikan pembelajaran dengan menggunakan
model Project Based Learning sebagai hal yang sangat penting untuk diterapkan di
SMK Muhammadiyah Randublatung, namun penerapannya belum dilakukan
secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar dan
minat siswa tentang model Project Based Learning sebagai pembelajaran pada
mata pelajaran Teknik Kendaraan Ringan Kelas X SMK Muhammadiyah
Randublatung dan mengetahui adanya perbedaan antara penggunaan metode
Problem Based Learning (PBL) dengan Project Based Leraning (PJBL).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK)
.Subjek penelitian siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah Randublatung yang
berjumlah 29 siswa, terdiri dari 29 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah berupa dokumentasi, angket, lkpd dan
wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen validasi ahli materi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Project Based
Learning merupakan sebuah metode yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa
dalam Menyusun proyek, meningkat kemmampuan pemecahan masalah,
meningkatkan kolaburasi dan kekompakan, serta meningkatkan keterampilan
mengelola sumber (Niswara et al., 2019).
Kata kunci : Project Based Learning, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata
Pelajaran Sistem Rem
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain