Text
SKRIPSI : ANALISIS PERFORMA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH SILINDER FUEL INJECTION 110 CC MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN STP OCTANE BOOSTER
Kendaraan sepeda motor sudah banyak dipasarkan. Dengan berbagai jenis
tipe dan merek. Kinerja motor sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk
jenis bahan bakar yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik. Jenis bahan bakar
pertalite dengan STP octane booster pada sepeda motor 4 langkah. Setiap
komposisi campuran bahan bakar pertalite dan STP octane booster diuji pada
sepeda motor dengan alat dynotest dan gas analyzer terhubung ke komputer.
Komputer akan mencatat perubahan grafik untuk peningkatan daya dan torsi dari
putara mesin 2000 rpm sampai 8000 rpm. Sementara konsumsi bahan bakar spesifik
dihitung dari penggunaan bahan bakar dibagi output daya.
Hasil penelitian ini menunjukan ada perbedaan setelah maupun sebelum
menggunakan STP octane booster pada bahan bakar pertalite, (1). hasil uji Torsi
mendapatkan hasil paling tinggi pada saat menggunakan 99,7 % pertalite + 0,3 %
STP octane booster menghasilkan kenaikan torsi yang signifikan sebesar 3,63%
menghasilkan 7,42 Nm pada putaran mesin 2000 rpm. (2). hasil uji Daya
mendapatkan hasil paling tinggi pada saat menggunakan 99,7 % pertalite + 0,3 %
STP octane booster menghasilkan kenaikan torsi yang signifikan sebesar 3,84%
menghasilkan 0,81 Hp pada putaran mesin 6000 rpm. (3). hasil uji konsumsi bahan
bakar mengalami penurunan dibandingkan dengan pertalite murni dengan hasil
konsumsi bahan bakar terendah dihasilkan pada komposisi campuran pertalite dan
STP Octane Booster 3 ml (0,3% OB). SFC yang semula di uji dengan bahan bakar
pertalite murni senilai 1,08 kg/kwh pada 6000 rpm menjadi 1,07 kg/kwh pada
putaran mesin 6000 rpm.
Kata kunci: octane booster, pertalite, Uji bahan bakar spesifik, Emisi gas buang
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain