Text
SKRIPSI : PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE AUOTOCAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 KUNDURAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas X
Permesinan I di SMK Negeri 1 Kunduran melalui media Pembelajaran Autocad. Media yang di gunakan dalam pembalajaran yaitu aplikasi autocad 2007. Metode
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
model spiral/ siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan
empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil
belajar. Data tentang aktivitas siswa diperoleh melalui observasi kelas dan
dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas siswa pada setiap siklus. Data
tentang hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis dan tes praktik kemudian
dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin dengan menggunakan
media pembelajaran Autocad dan Media Visual dengan metode PBL. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa yang terlihat dari persentase
aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,59% (cukup) meningkat 11,74% pada
siklus II menjadi 77,31% (baik). Dari 9 aspek yang diamati pada siklusI, 5 aspek
masih dibawah KKM yaitu dalam aspek kesiapan siswa menerima pelajaran,
keberanian siswa untuk bertanya, keberanian siswa dalam menyajikan temuannya,
kemampuan siswa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, dan
kemampuan memecahkan masalah sedangkan pada siklus II hanya 1 aspek yang
belum mencapai KKM, yaitu keberanian siswa dalam menyajikan temuannya.
Adanya peningkatan prestasi belajar terlihat dari peningkatan rata-rata nilai tes
praktik dan nilai tes tertulis. Rata-rata nilai tes praktik pada siklus I yaitu 71,5
(71,43%) meningkat menjadi 76,43 (82,86%) di siklus II. Sedangkan rata- rata
nilai tes tertulis pada siklus I yaitu 62,3 (31,43%) meningkat menjadi 75,32
(77,14%) di siklus II dari 35 siswa yang masih belum mencapai KKM pada tes
praktik sebanyak 6 siswa (17,14%) sedangkan pada tes tertulis sebanyak 8 siswa
(22,86%) diakhir siklus.
Kata kunci : Autocad, hasil belajar, Gambar Teknik Mesin.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain