Text
SKRIPSI : PENGARUH PERAN GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SUB KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT-ALAT UKUR KHUSUSNYA ALAT UKUR MEKANIK DI SMK GANESA DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
IRFAN SAPUTRA (C3218110036), Pengaruh Peran Guru dan Fasilias belajar
terhadap Hasil Belajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran pekerjaan dasar
teknik otomotif sub kompetensi penggunaan alat-alat ukur khususnya alat ukur
mekanik di SMK Ganesa Demak tahun pelajaran 2021/2022. Skripsi. Semarang.
Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas
IVET Semarang.
fasilitas belajar di SMK Ganesa Demak masih sangat kurang memadai, seperti meja
dan kursi serta guru mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif sub kompetensi
menggunakan alat-alat ukur khususnya alat ukur mekanik di SMK Ganesa Demak
jarang menggunakan fasilitas belajar yang mendukung pembelajaran seperti LCD
Proyektor, fasilitas buku yang digunakan dalam proses pembelajaran masih sangat
terbatas. Hal itulah yang menjadi permasalahan peneliti, sehingga peneliti ingin
mengetahui lebih jauh tentang pengaruh Peran Guru dan Fasilitas Belajar terhadap
Hasil Belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis Pengaruh Pean Guru terhadap
Hasil Helajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif sub kompetensi penggunaan alat-alat ukur khususnya alat ukur mekanik
di SMK Ganesa Demak tahun pelajaran 2021/2022 2) Untuk menganalisis Fasilitas
Belajar terhadap Hasil Belajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran Pekerjaan
Dasar Teknik Otomotif sub kompetensi penggunaan alat-alat ukur khususnya alat
ukur mekanik di SMK Ganesa Demak tahun pelajaran 2021/2022 3) Untuk
menganalisis Pengaruh Peran Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar
siswa kelas X TKR pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif sub
kompetensi penggunaan alat-alat ukur khususnya alat ukur mekanik di SMK
Ganesa Demak tahun pelajaran 2021/2022 .
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi sebanyak 134 siswa. Ukuran
sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Slovin, dengan ini
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan Metode pengambilan sampel adalah probablity sampling
dengan teknik simpel random sampling. Alat analisis menggunakan uji validitas
dan reliabilitas, uji persyaratan analisis, uji regresi, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil analisis. 55 responden (55%) mempunyai kategori kurang baik terhadap Peran
Guru dan 55 responden (45%) mempunyai kategori Sangat Baik terhadap Fasilitas
Belajar. Hasil uji hipotesis, yang mana dari hasil uji F menunjukkan adanya
pengaruh positif yang signifikan, dengan nilai signifikansi F 0,000 lebih rendah dari
0,05, sehingga hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh Peran Guru dan Fasilitas
Belajar terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif Sub kompetensi menggunakan alat ukur khususnya alat ukur mekanik di
SMK Ganesa Demak tahun pelajaran 2021/2022” dapat diterima.
v
Kata Kunci : Peran Guru, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata
pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif sub kompetensi penggunaan alat-alat
ukur.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain