Text
SKRIPSI : PENGARUH KEMAMPUAN SOFT SKILL (MEMBANGUN KONSEP DIRI YANG POSITIF DALAM BEKERJA) DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAT KOMPETENSI ALAT UKUR KELAS X TBSM DI SMK YASIHA GUBUG
Latar belakang masalah Lulusan SMK tidak cukup hanya menguasai
kemampuan akademik (hard skill) saja, akan tetapi juga harus menguasai
kemampuan diluar kemapuan akademik (Soft Skill) sebagai pendukung hard skill
agar lebih mampu bekerja produktif dan berkualitasi. Sehingga seorang guru
mengupayakan berbagai metode-metode dalam menyampaikan ilmu pengetahuan.
Hal ini menunjukan bahwa Soft Skill saja tidak akan cukup, jika siswa tidak
memiliki kemauan minat belajar. Namun dari informasi yang diperoleh di SMK
Yasiha Gubug bahwa antusias siswa kepada pendidik saat mata pelajaran alat
ukur sedang berlangsung.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengethui pengaruh Soft Skill terhadap
Kompetensi Alat Ukur, (2) mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap
Kompetensi Alat Ukur, (3) mengetahui pengaruh Soft Skill dan Minat Belajar
terhadap Kompetensi Alat Ukur siswa kelas X TBSM SMK Yasiha Gubug.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel sebanyak 92
siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji
persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji
autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji
hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T,
uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah
data spss versi 24.0.
Hasil analisis menunjukkan (1) Soft Skill (X1) terhadap Kompetensi Alat
Ukur (Y) dalam kategori sangat setuju. Hal ini ditunjukkan 92 (98%) dari 92
responden siswa memberikan tanggapan terhadap Soft Skill berada pada kategori
sangat setuju. (2) Minat Belajar (X2) terhadap Kompetensi Alat Ukur (Y) dalam
kategori sangat steuju. Hal ini ditunjukkan 86 (93%) dari 92 responden siswa
memberikan tanggapan terhadap Minat Belajar dalam kategori sangat setuju. (3)
Terdapat pengaruh Soft Skill (X1) dan Minat Belajar (X2) terhadap Kompetensi
Alat Ukur (Y) kelas X TBSM di SMK Yasiha Gubug. Yang mana dibuktikan
dengan menggunakan rumus Ftabel = k ; n-k diperoleh F tabel sebesar = 1,41, nilai
Fhitung 38,143 > nilai Ftabel 1,41 dan nilai signifikansi F sebesar 0,003 < 0,05 (5%)
yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha3 diterima, sehingga hipotesis yang
menyatakan “ada pengaruh kemampuan Soft Skill dan Minat Belajar terhadap
kompetensi alat ukur siswa kelas X TBSM di SMK Yasiha Gubug” dapat
diterima.
Kata Kunci : Soft Skill, Minat Belajar, Kompetensi Alat Ukur
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain